Ini 5 Tradisi Paling Unik di Indonesia yang Bikin Bulu Kuduk Merinding

WowKerenViral ~ Setiap Negara di masing-masing daerahnya memiliki tradisi yang sudah dijalankan turun-temurun. Termasuk Indonesia dengan begitu banyaknya suku di masing-masing daerah yang tersebar memiliki tradisi yang kuat. Tradisi bisa berupa kebudayaaan, ritual dan agama.


tradisi unik indonesia



Dan konon katanya jika tradisi ini tidak dijalankan maka ada sebab akibat yang harus ditanggung. Makanya petinggi suku harus tetap menjaga tradisi tersebut.

Dilansir dari tipspintar, di Indonesia begitu banyak tradisi di setiap daerah dari yang paling unik dan paling menyeramkan.

Tentunya kita tetap harus melestarikan tradisi-tradisi ini walau sudah berumur ratusan tahun.

Berikut 5 tradisi paling unik di Indonesia, ada yang menyeramkan juga loh.

1. Ma'Nene




Yang pertama tradisi paling unik di Indonesia adalah Ma'Nene. Tradisi ini berasal dari tana toraja sulawesi selatan. Ritualnya dengan mengeluarkan jenazah leluruh dari peti mati kemudian membersihkan dan memakaikan baju.

Menurut kepercayaan mereka orang yang sudah meninggal masih bisa berjalan atas kemauannya sendiri. Selanjutnya jenazah leluhur tersebut dikuburkan di Patane.
Patane merupakan tempat menyimpan jenazah.

2. Kerik Gigi


tradisi unik indonesia


Diurutan kedua ada tradisi Kerik Gigi. Ya sesuai namanya kerik gigi, tradisi ini memang mengerik gigi atau memahat gigi khusus wanita yang mulai menunjukkan kedewasaanya.

Tradisi ini berasal dari suku mentawai di pulau sumatra. Menurut mereka wanita yang giginya semakin tajam maka akan terlihat semakin cantik. Oleh karena gigi-gigi mereka di kerik agar lebih tajam.

3. Debus


tradisi unik indonesia


Selanjutnya ada Debus, tradisi beladiri yang bisa dijumpai di Aceh, Minang, Banten dan daerah lainnya.

Debus ini adalah kesenian beladiri dimana orang yang menguasai seni beladiri ini kebal terhadap senjata tajam, air keras dan lain sebagainya. Dan tentunya harus orang yang ahli yang mempraktekkannya karena ini sangat berbahaya.

4. Ikipalin

tradisi unik indonesia


Di nomer 4 ada Ikipalin, tradisi unik indonesia yang berasal dari suku Wamena di Papua. Awas!! tradisi ini sangat mengerikan karena setiap ada anggota keluarga yang meninggal maka diharuskan anggota keluarga lainnya kehilangan anggota tubuhnya.

Misal suaminya meninggal maka sang istri harus kehilangan salah satu jarinya begitu juga sebaliknya jika istrinya meninggal atau orangtuanya meninggal maka jari mereka harus dihilangkan.

5. Pasola


tradisi unik indonesia


Dan yang terakhir tradisi unik di Indonesia yaitu Pasola. Tradisi ini berasal dari Sumba, khususnya orang sumba yang menganut agama Marapu. Berasal dari kata "Sola" atau "Hola" yang artinya saling melempar kayu dari atas kuda.

Saling berhadapan memacu kuda masing-masing dan saling melempar kayu. Kata "Pa" berarti permainan. Jadi artinya permainan memacu kuda sambil melempar kayu.

Itulah 5 tradisi unik dan menyeramkan dari Indonesia. Masih banyak tradisi-tradisi lainnya karena Indonesia adalah negara dengan suku yang banyak.




Share Artikel