6 Rempah Indonesia yang Hanya Ada di Indonesia

WowKerenViral ~ Rempah-rempah Indonesia sudah terkenal sejak jaman dahulu. Oleh karena itu banyak negara-negara yang menginginkannya. Ditambah lagi sumber daya alamnya yang melimpah menjadi target negara-negara penjajah.

rempah rempah


Dari sekian banyak macam rempah-rempah Indonesia, ternyata ada enam jenis rempah yang hanya ada di Indonesia saja. Negara lain tidak memiliki rempah-rempah ini. Apa saja rempah-rempah yang hanya ada di Indonesia?.

1. Andaliman

rempah indonesia


Andaliman disebut juga merica batak, rempah ini biasa digunakan di sambal tuktuk, ikan arsik, atau saksang. Rempah ini tak boleh dilewatkan pada berbagai jenis masakan khas Batak.

2. Kayu secang

rempah indonesia


Kayu ini berbentuk perdu dan bisa mencapai 10 meter tingginya. Biasa digunakan di wedang uwuh, mengkonsumsi rempah ini secara berkala bisa membantu menurunkan kadar lemak dan juga mengandung antioksidan yang tinggi.

tokocoklat


3. Pekak atau bunga lawang

bunga lawang


Rasanya seperti adas manis, rempah indonesia ini biasa digunakan sebagai bumbu masakan atau campuran teh. Rempah punya banyak khasiat diantaranya menjaga kesehatan kulit, jantung, mengatasi perut kembung dan sembelit hingga meredakan flu dan batuk. 

4. Kemukus

kemukus


Rempah Indonesia satu ini selain digunakan sebagai bumbu masak juga digunakan dalam gin dan campuran rokok sebagai penguat rasa. Rempah ini disebut juga lada jawa atau cabe jawa.

5. Mesoyi

mesoyi


Saudara dari kayu manis ini termasuk rempah yang hanya ada di Indonesia. Pohonnya bisa mencapai ketinggian 25 meter dan tebal kulit 0,5 cm. Digunakan sebagai pewarna merah dan memiliki khasiat mengobati sakit kepala, keputihan, perut kejang, hingga obat penurun panas.

6. Pulosari

pulosari


Melansir dari gemintang, tanaman ini bisa ditemukan di hutan atau ladang, tanaman ini berbatang putih dan tumbuh liar merambat. Biasa digunakan untuk bumbu masakan kari. Dan juga bisa dijadikan obat menurunkan demam, mengobati sariawan, serta menambah nafsu makan.

Nah itulah 6 rempah-rempah Indonesia yang tidak ada di negara lain. Sebagai negara yang kaya akan sumber daya alamnya ini harus kita lestarikan bersama.

Share Artikel