Tempat Bersejarah di Tanah Suci yang Belum Diketahui Warga Indonesia

WowKerenViral ~ Orang indonesia yang penduduknya mayoritas muslim pastinya tahu dengan dua kota suci di arab saudi yaitu Makkah dan Madinah. Di dua kota ini banyak tempat-tempat yang menjadi tujuan untuk ibadah seperti Masjidil Haram, Ka’bah, maupun Jabal Rahmah. Ada juga tempat-tempat sebagai penambah wawasan dari sejarah zaman kenabian.

kota madain saleh

Masjidil Haram, Ka’bah, maupun Jabal Rahmah adalah tempat yang sakral yang banyak dikunjungi orang diseluruh dunia untuk ibadah. Namun sebenarnya ada beberapa tempat menarik yang bersejarah dan jarang di kunjungi oleh para jamaah. Berikut tempat sejarah di tanah suci yang belum banyak diketahui:

1. Mada'in Saleh

Tahun 2008 UNESCO menyatakan Mada'in Saleh sebagai sebuah Situs Warisan Dunia yang pertama di Arab Saudi. Mada'in Saleh merupakan situs arkeologi yang terletak di dekat Al-`Ula, Provinsi Madinah di wilayah Hijaz, Arab Saudi. Kurang lebih ada 131 monumen makam batu dengan relief detail dari zaman Nabatea.

Situs ini memiliki banyak peninggalan kerajaan Nabatea dari abad ke-1 Masehi. Mada'in Salih sendiri adalah kota Nabatea paling selatan dan terbesar kedua setelah ibu kota kerajaan, Petra.

Dalam sejarah Mada'in Saleh adalah tempat yang dihuni oleh Kaum Tsamud pada zaman kenabian Nabi Saleh. Kaum ini di hukum oleh Allah dengan gempa bumi dan sambaran petir karena menyembah berhala. 

2. Suquq Lail

Suqud Lail adalah perkampungan terletak di kaki gunung Abu Qubais sebelah timur Masjidil Haram. Tempat ini diyakini sebagai tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW. Selain itu tempat ini juga diyakini sebagai gunung yang pertama kali diciptakan oleh Allah di atas bumi. Digunung ini juga Nabi Muhammad SAW membelah bulan, yang merupakan Mukjizat Nabi Muhammad.

Tahun 1950 tempat ini diwakafkan oleh pemerintah Saudi dan kemudian dibangun Perpustakaan atas permintaan Syeikh Abbas Al-Qattan yang menjabat sebagai Gubernur Makkah saat itu.

3. Manthiqa Baidha’

Mantiqha Baidha’ sering disebut sebagai jabal Magnet, sebuah bukit yang terletak 60 Kilometer dari Kota Madinah. Sesuai namanya Tarikan medan magnet di tempat ini sangat kuat sehingga penunjuk kompas dan sinyal ponsel tidak akan berfungsi.

Kendaraan bermotor pun tidak akan bisa melaju kencang walau jalannya tidak menanjak, sopir harus berjuang keras mengemudikan kendaraannya.

Itulah tempat-tempat yang menarik dan bersejarah untuk dikunjungi ketika di tanah suci.



0 Response to "Tempat Bersejarah di Tanah Suci yang Belum Diketahui Warga Indonesia"

Posting Komentar