5 Kota yang Ditinggal Penghuninya, Kota Mati Sepi Seperti Kuburan

WowKerenViral ~ Jumlah manusia di bumi saat ini mencapai 7 milliar orang, jumlah ini akan terus meningkat. Ada juga negara-negara yang memiliki populasi yang besar bahkan menjadi yang terbesar.

kota mati


Ironisnya ada beberapa wilayah yang malah di tinggal oleh warganya. Mereka pindah padahal kota tersebut termasuk kota yang maju. Penasaran wilayah mana saja, berikut 5 kota yang di tinggal warganya jadi kota mati

1. Ordos Kangbashi, China

kota mati


Kota ini terletak di Inner Mongolia, China. Pemerintah China membangun kota ini dengan arsitektur yang artistik, stadium berukuran besar, dan fasilitas umum yang megah, kota ini termasuk kota modern. Dengan jumlah rumah yang bisa menampung 300 ribu orang, akan tetapi kota ini hanya di tinggali 70 ribu warga China. 

Bahkan dikarenakan pajak yang tinggi, perlahan warganya berpindah ke kota lain hingga akhirnya kota ini di juluki kota mati.

2. Ashgabat, Turkmenistan

kota mati


Kota Ashgabat dibangun Presiden Turkmenistan Saparmurat Niyazov tahun 1991 dengan tujuan menciptakan “era emas Turkmenistan”. Sampai-sampai memecahkan rekor dunia penggunaan marmer paling banyak di dunia.

Selain itu terdapat kincir ria terbesar di dunia dan memiliki 543 geding mewah. Kota ini menjadi seperti kota hantu / kota mati dikarenakan budaya negaranya yang terisolasi.

3. Wittenoom, Australia

kota mati


Wittenoom adalah kota pertambangan di Australia Barat didirikan tahun 1946. Kota ini banyak sumber daya alam asbes biru, bahan bangunan mentah. Tahun 1950-an kota ini menjadi kota terbesar di wilayah Pilbara. Dikarenakan masalah kesehatan dan permintaan asbes yang menurun menyebabkan tambang di tutup tahun 1966. 

Para penduduk pindah mencari pekerjaan dikota lain. Akhirnya kota ini di tutup oleh pemerintah Australia tahun 2007 dan menutup akses ke kota tersebut serta menghilangkan dari peta resmi.

4. Craco, Italia

kota mati


Kota di Italia ini berdiri tahun 1060, selama ribuan tahun kota ini menjadi saksi sejarah konflik antara raja, tentara, dan ideologi politik. Tahun 1963, 1.800 penduduk terakhir meninggalkan kota demi keselamatan dan dipindahkan ke Peschiera, kota baru di lembah bawah.
 
Kota ini sempat menjadi lokasi suting film ‘Quantum of Solace’ dan ‘The Passion of the Christ’.

5. Tianducheng, China

kota mati


Kota Tianducheng disebut juga replika dari kota Paris, kota ini sangat mirip dengan Paris termasuk memiliki miniatur Menara Eiffel setinggi 300 kaki. Ada juga replika air mancur dari Kebun Luxembourg, namun sayang kota yang bisa dihuni 10.000 orang ini hanya dihuni beberapa pekerja taman bermain.


0 Response to "5 Kota yang Ditinggal Penghuninya, Kota Mati Sepi Seperti Kuburan"

Posting Komentar