6 Manfaat Tertawa Yang Belum Diketahui

WowKerenViral ~ Setiap manusia pastinya pernah tertawa, karena tertawa merupakan bagian dari ekspresi seseorang yaitu ekspresi kegembiraan, kebahagiaan atau bahkan kelucuan. Tertawa bagi setiap orang merupakan hal yang wajar jika mengalami momen yang lucu. Tapi ternyata tidak sekedar ungkapan ekspresi tetapi juga bisa memberikan manfaat yang banyak orang tersebut. Apa saja manfaat tertawa bagi seseorang, berikut 6 manfaat tertawa yang perlu diketahui dilansir dari berbagai sumber.


6 manfaat tertawa


1. Mengurangi stres

Beban kerja yang tinggi, masalah keluarga yang dialami atau masalah percintaan bisa membuat sseorang memngalami stres. Stres yang tinggi bisa membahayakan orang tersebut, salah satu cara mengurangi stres dengan memperbanyak tertawa. Bergaul dengan orang yang punya selera humor tinggi atau menonton acara-acara komedi yang bisa membuat tertawa.

2. Memperlambat Penuaan

Ada istilah yang mengatakan "jangan marah nanti cepat tua", istilah ini mungkin terdengar hanya sebagai lelucon tapi ternyata memang ada benarnya. Dengan tidak marah dan perbanyak tertawa maka hidup akan bahagia dan awet muda, Tertawa bisa memperlampat proses penuaan dengan cara meningkatkan kadar endorphin dalam tubuh.

3. Menurunkan tekanan darah

Salah satu penyebab stres yaitu tekanan darah tinggi atau hipertensi. Menurut Mental Floss, studi pada 2017 bahwa tertawa bisa menurunkan tekanan darah. Hasil studi ini dimuat dalam Journal of Dental and Medical Research. Tahun 2011 studi lainnya dimuat dalam American Heart Association Scientific Sessions juga menunjukkan hal yang sama.

4. Menurunkan kecemasan

Tahun 1990 dilakukan studi terapi tertawa pada 53 pelajar sekolah yang hasilnya dipublikasikan dalam Psychological Reports.

Hasil studi ini, tertawa bisa menurunkan kecemasan pada pasien parkinson, mengurangi kecemasan dan depresi pada mahasiswa keperawatan, meningkatkan optimisme, harga diri dan mengurangi depresi pada wanita menopause.

5. Anti-depresan

Terapi tertawa tiga kali 60 menit bisa menurunkan depresi dan mood negatif dari pasien kanker berdasarkan studi tahun 2015 dipublikasikan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine.

6. Lebih produktif

Tertawa bisa menyegarkan otak, dengan otak yang fresh maka produktifitas akan semakin meningkat.

Share Artikel