6 Obat Alami Redakan Panas Dalam dengan Cepat

WowKerenViral ~ Panas dalam sering dialami oleh banyak orang, panas dalam bukanlah penyakit yang memerlukan obat medis. Kondisi ini bisa diatasi dengan berbagai jenis obat alami.


obat panas dalam



Sakit tenggorokan, bibir kering, sariawan, lemas, dan sembelit (susah buang air besar) merupakan gejala panas dalam. Berikut informasi tentang panas dalam dan juga obat panas dalam alami untuk mengatasi gejala panas dalam.

Asal usul Panas Dalam?


Dalam dunia kedokteran tidak ada istilah penyakit panas dalam. Istilah ini berasal dari kedokteran tradisonal Tiongkok. Para tabib Tiongkok jaman dulu percaya kalau suhu tubuh manusia selalu seimbang seperti Yin dan Yang. Jika tidak seimbang misal terlalu panas maka akan mengalami gejala panas. Sehingga dibutuhkan minuman penyegar untuk mengembalikan suhu tubuh seimbang kembali.

Ilmu kedokteran modern menjelaskan gejalan panas dalam disebabkan kondisi kesehatan tertentu. Badan lemas serta bibir kering dikarenakan dehidrasi. Pencernaan tidak lancar atau sembelit disebabkan kekurangan asupan serat, vitamin, dan mineral. Sakit yang terjadi di tenggorokan dan mulut disebabkan infeksi atau penyakit lainnya.

Obat panas dalam alami


Perlu di kenali dahulu penyebabnya sebelum dilakukan pengobatan, muncul gejalanya karena apa. Dengan begitu pengobatan yang diberikan akan disesuaikan dengan kondisi tersebut. Berikut beberapa obat panas dalam alami yang bisa dicoba. 

1. Kumur air garam

Larutan Air garam bisa meredakan sakit tenggorokan dan sariawan. Campur satu sendok teh garam dengan segelas air putih hangat. Kumur dengan posisi wajah menghadap keatas untuk sakit tenggorokan. Kumur di area yang sakit untuk sariawan.

Kumur beberapa kali kurang lebih 20 sampai 30 detik baru dibuang. Ulangi berkumur beberapa jam sekali.

2. Makan sayur dan buah

Kita tahu sayur dan buah kaya akan serat, vitamin dan mineral yang mampu melancarkan pencernaan serta meningkatkan daya tahan tubuh. Konsumsilah sayur dan buah berwarna terang dan pekat karena kandungan nutrisinya baik. Seperti sayur bayam, kangkung, wortel, terong, dan brokoli, Stroberi, pepaya, apel, dan anggur.

3. Ampas teh celup

Manfaatkan teh celup untuk mengobati sariawan. Daun teh sangat baik untuk melawan peradangan dan meredakan nyeri. Ambilah kantong teh celup yang sudah digunakan kemudian kompres 15 sampai 20 menit di area sariawan. Kompres tiga kali sehari.

4. Banyak minum air putih

Perbanyak minum air putih untuk mengganti cairan yang hilang. Gejala panas dalam seperti tenggorokan kering dan bibir pecah-pecah bisa diakibatkan dehidrasi. Usahakan minum kurang lebih 10 gelas air sehari.

5. Madu

Jika tenggorokan terasa sakit atau kering segera minum madu murni. Madu memiliki banyak manfaat termasuk meredakan masalah tenggorokan. Selain diminum madu juga bisa dioleskan pada bagian bibir yang pecah-pecah.

6. Kompres dingin

Sariawan pada bagian bibir terasa nyeri, kompreslah dengan es batu yang dibungkus kain lembut dan steril atau celupkan kain bersih kedalam air dingin kemudian kompres pada area sariawan yang nyeri.

Itulah 6 obat alami untuk gejala panas dalam yang bisa dicoba, melansir hellosehat





Share Artikel