Ternyata Deja vu itu Nyata, Berikut 13 Fakta Tubuh Manusia

WowKerenViral ~ Tubuh manusia diciptakan dengan begitu kompleks oleh sang Pecipta. Masing-masing bagian tubuh memiliki fungsi masing-masing dengan kelebihannya masing-masing. Fakta tubuh manusia sangat mengesankan, banyak para ilmuan dan dunia kedokteran yang meneliti bagian tubuh manusia.


fakta tubuh manusia



Fakta tubuh manusia masih menjadi misteri, masih banyak hal-hal yang belum diketahui dengan bagian tubuh manusia. Dan tubuh manusia memiliki keunikan tersendiri, setiap orang di ciptakan dengan bentuk yang menawan.

Berikut 13 fakta tubuh manusia yang menarik untuk kita ketahui :

13 - Rambut Manusia Sebenarnya Sudah Mati

Rambut hanya hidup saat masih berada di dalam epidermis. Dalam istilah kimia, rambut 50% terbuat dari karbon, 21% oksigen, 17% nitrogen, 6% hidrogen dan 1% sulfur, jumlah panas yang cukup untuk sirkulasi darah mengakibatkan pertumbuhan rambut. 

Meski "mati", rambut berisi informasi tentang segala sesuatu yang melewati darah, termasuk obat-obatan. Itulah mengapa digunakan dalam tes anti-doping.

12 - Kuku jari tangan tumbuh lebih cepat dari pada kuku kaki.

Pertumbuhan kuku bervariasi menurut usia, jenis kelamin, kesehatan dan genetika. Faktanya, kuku jari tangan tumbuh lebih cepat daripada kuku kaki karena tangan kita secara fisik lebih dekat ke jantung kita. Mereka akhirnya menerima pasokan oksigen dan nutrisi yang lebih baik, diangkut melalui kapiler kecil yang terletak tepat di bawah kuku kita. Terlepas dari tingkat pertumbuhannya, kuku tangan dan kaki memiliki mekanisme pertumbuhan yang sama, terutama terdiri dari keratin, zat yang juga ditemukan di kulit dan rambut, serta di tanduk dan kuku hewan.

11 - Fakta Tubuh Manusia, Lidah adalah salah satu otot terkuat di tubuh

Ukuran otot tidak identik dengan kekuatan, tubuh manusia memiliki lebih dari 600 otot. Lidah adalah salah satu otot terkuat dan paling fleksibel di tubuh manusia.

Lidah juga merupakan salah satu bagian tubuh kita dengan jumlah mikroorganisme tertinggi: 1 ml air liur memiliki sekitar 1 juta bakteri. Jika lidah tidak ada, kita tidak akan bisa berbicara, makan, menelan, atau bahkan bernyanyi dengan benar! 
Lidah membantu menghasilkan suara tertentu, memungkinkan orang untuk mencicipi makanan dan dapat memberikan petunjuk tentang kesehatan seseorang.

10 - Deja vu itu nyata

Déjà vu memiliki reputasi supranatural. Tetapi perasaan telah mengalami situasi saat ini ketika sedang terjadi, terjadi ketika otak mengirimkan sinyal untuk melihat apakah ada jenis "kesalahan memori". Dengan kata lain, fenomena tersebut adalah otak kita yang memeriksa apakah ada ketidakkonsistenan antara apa yang sebenarnya kita jalani dan apa yang kita pikir kita jalani. Mengalami déjà-vu bisa menjadi pertanda baik karena ini menunjukkan bahwa sistem "memeriksa memori" bekerja dengan baik dan Anda cenderung tidak membingungkan situasi masa lalu dengan yang sekarang.

9 - Anak-anak memiliki lebih banyak tulang daripada orang dewasa

Tulang menyatu sepanjang pertumbuhan manusia, dan sebagai hasilnya, kerangka manusia dewasa memiliki 206 tulang dengan berbagai bentuk dan ukuran. Di tengkorak bayi, misalnya, kita menganggap ada enam tulang, yang kemudian menyatu dan menjadi satu. Sebagian besar tulang hanya akan bersatu setelah akhir fase pertumbuhan. Femur, tulang paha adalah yang terpanjang di tubuh manusia dan tulang terkuat. Meskipun berongga, bisa menahan lebih banyak bobot daripada beton. Tulang terkecil dalam tubuh manusia adalah sanggurdi, salah satu dari tiga tulang yang kita miliki di telinga kita.

8 - Fakta Tubuh Manusia memiliki 160 ribu km pembuluh darah

Luasnya sistem peredaran darah tidak dapat dipercaya. Pembuluh darah orang dewasa panjangnya lebih dari 160 ribu kilometer, ini cukup untuk mengelilingi daratan empat kali.

Aorta dianggap sebagai arteri terbesar di tubuh, melelaui jantung, melewati dada dan menuju perut, membawa darah ke kaki. Di sisi lain, kapiler sangat kecil dan hanya sekitar 5 mikrometer, meskipun kapiler adalah pembuluh darah terkecil, sekitar 80% dari keseluruhan panjang pembuluh darah adalah kapiler.

7 - Manusia dapat mengidentifikasi rasa umami

Selain empat rasa dasar yang kita pelajari di sekolah: manis, asin, asam, dan pahit. Peneliti mengenali rasa umami yang artinya enak, sebagai rasa kelima yang bisa dibedakan oleh manusia. Lidah orang dewasa memiliki sekitar 10.000 selera, yang berkembang sepanjang hidup. Anak-anak memiliki preferensi alami untuk manis karena mereka memiliki lebih sedikit selera daripada orang dewasa, sepanjang hidup langit-langit berubah dengan aktivasi selera. Jadi, ketika Anda dewasa Anda tidak lagi menyukai makanan yang sama yang Anda sukai ketika Anda masih kecil.

6 - Otak tidak bisa merasakan sakit

Tidak ada sensor rasa sakit yang menempel langsung ke otak. Tapi ada sensor di selaput dan kulit yang menutupi tengkorak dan otak. Rasa sakit yang kita rasakan ketika kita dipukul atau selama sakit kepala dipancarkan oleh sensor-sensor ini. 
Mekanisme produksi nyeri dalam tubuh bekerja melalui nosiseptor, ujung saraf yang merupakan reseptor nyeri yang berada pada kulit, sendi dan beberapa organ dalam. 

5 - Kulit adalah organ terbesar dalam tubuh manusia

Manusia dewasa membawa sekitar 3,6 kilogram kulit, dan pada fase ini panjang organ tersebut kira-kira dua meter persegi. Kulit terus diperbarui dan berfungsi sebagai perlindungan. Kulit di ujung jari memiliki tanda khusus yaitu sidik jari, unik setiap manusia dan membantu kita memegang benda dengan lebih mudah. Pasien dengan sindrom Nagali tidak memiliki sidik jari.

4 - Fakta Tubuh Manusia adalah air

Tubuh terdiri dari 70% air, yang setara dengan setengah dari berat badan kita. Pada bayi baru lahir jumlahnya bahkan lebih tinggi: 78%. Setiap bagian tubuh memiliki air, termasuk tulang kita. Paru-paru dan hati adalah organ yang paling banyak mengandung air, bahkan melebihi darah itu sendiri. Air memainkan peran penting dalam mengangkut nutrisi dan mengatur suhu tubuh. 

Meskipun demikian, tubuh kita tidak dapat menyimpan air, setelah dikonsumsi, air didistribusikan ke seluruh tubuh kita. 

Segelas air membutuhkan waktu sekitar 30 hingga 60 menit untuk menempuh perjalanan, sebagian tetap berada di dalam darah dan kemudian disebarkan ke seluruh organ dan otot.

3 - Jantung berdetak, rata-rata, 100 ribu kali sehari

Jantung orang dewasa berdetak 60 hingga 100 kali per menit. Artinya, ada sekitar 100 ribu kali sehari, 35 juta hit dalam satu tahun dan, pada usia 70, jantung akan berdetak sekitar 2,5 miliar kali dan pada anak-anak, jumlah ini bahkan lebih tinggi. 

Jantung manusia begitu kuat kontraksinya memiliki tekanan yang cukup untuk menyemprotkan darah dalam jarak hampir 10 meter.

2 - Mata manusia dapat membedakan hingga 10 juta warna berbeda

Retina memiliki 120 juta sel yang terspesialisasi dalam mendeteksi warna dan intensitas cahaya, yaitu sel kerucut dan sel batang. Buta warna adalah penyakit dimana seseorang mengalami kesulitan melihat warna seperti merah atau hijau. 

1 - Ada lebih banyak bakteri di mulut daripada Manusia di dunia

Sekitar 50 miliar bakteri menghuni mulut setiap manusia! Mikroorganisme ini hidup dengan cara yang terorganisir dengan baik dan tidak semuanya buruk bagi kesehatan Anda. Bahkan, beberapa sangat penting untuk menjaga kesehatan yang baik. 

Itulah 13 Fakta tubuh manusia yang jarang diketahui. Melansir wonderlist