5 Manfaat Bawang Putih Tunggal bagi Kesehatan

WowKerenViral ~ Bawang lanang atau bawang putih tunggal memang terlihat mirip bawang putih biasa tapi sebenarnya berbeda. Dari segi bentuk dan manfaat bawang putih tunggal berbeda. Untuk bentuknya jelas terlihat berbeda jika bawang putih tunggal hanya terdiri satu bawang saja sedangkan bawang putih biasa ada beberapa bawang yang saling menempel. 


Manfaat bawang putih tunggal



Dari segi kandungan dan manfaatnya juga berbeda. Jumlah senyawa di bawang putih tunggal lebih banyak dibanding bawang biasa. Itu kenapa bawang ini lebih sering digunakan untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan.

Berikut ini ulasan manfaat bawang putih tunggal bagi kesehatan.

1. Meredakan masuk angin dan batuk

Konsumsi bawang putih tunggal ini secara teratur mampu menurunkan resiko masuk angin dan batuk sampai 50 persen, berdasarkan penelitian. Cukup hidangkan dengan menyeduh bawang putih tunggal dengan secangkir air hangat.

2. Kandungan belerangnya bisa mengobati Flu

Aroma khas dari bawang putih tunggal yang kuat bisa mempercepat kegiatan membran mukus di saluran pernapasan. Sangat baik untuk mengatasi hidung tersumbat karena flu.

3. Menyeimbangkan jumlah kolesterol dalam tubuh

Berdasarkan penelitian mengkonsumsi bawang putih tunggal selama empat minggu bisa menurunkan kolesterol hingga 12 persen. Selain itu juga bisa menurunkan kadar lemak yang jadi penyebab kolesterol tinggi. 

4. Mneingkatkan Hormon Estrogen

Manfaat lain bawang putih tunggal bisa membersihkan darah, membantu sirkulasi sehingga stamina wanita hamil lebih kuat. Kandungan Vitamin B6, vitamin C, dan seleniumnya mencegah kelainan kromosom pada bayi dalam kandungan.

5. Mencegah Penyakit Kanker

Bawang putih tunggal memiliki kandungan organosulfida yang berfungsi membantu kinerja hati mengeluarkan berbagai macam racun dalam tubuh termasuk racun penyebab kanker perut dan usus besar. Resiko terkena penyakit ini lebih kecil bagi mereka yang sering mengkonsumsi bawang putih tunggal.

Nah itulah 5 manfaat bawang putih tunggal / lanang yang bisa kita manfaatkan untuk kesehatan kita, melansir hipwee.
close
Banner iklan disini