Mahfud MD Jabat Menkopolhukam

WowKerenViral ~ Mahfud MD dikenal sebagai pakar hukum tata negara, ia berkarir di eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Pria kelahiran Sampang, Madura, Jawa Timur 13 Mei 1957 ini akhirnya diamanahkan oleh pak Jokowi untuk menjadi Menteri koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan atau Menkopolhukam.





Mahfud kuliah dua program studi masing-masing di Jurusan Sastra Arab Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Hukum Tata Negara di Universitas Islam Indonesia (UII).

Namun, ia lebih memilih melanjutkan dan fokus di jurusan hukum tata negara dan melepas jurusan satra arab.

Setelah selesai ia menjadi dosen di UII sejak 1984. Selain itu juga melanjutkan kuliah S2 jurusan Ilmu Politik dan Ilmu Hukum Tata Negara UGM.

Di usia 43 tahun, ia didapuk sebagai Guru Besar bidang Politik Hukum di UII. Kemudian ia bergabung dengan Tim Ahli Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Departemen Hukum dan HAM.

Karir Politik dan Hukum

Mahfud pernah menjabata Menteri Pertahanan oleh Presiden Abdurrahman Wahid atau Gusdur pada periode 2000-2001. Dan juga merangkap jadi Menteri Kehakiman dan HAM.

Ia berkarir politik dengan bergabung bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan terpilih sebagai anggota DPR dari PKB lewat Pemilu 2004, berada di komisi III.  Mahfud juga pernah memimpin Badan Legislasi DPR.

Diakhir masa jabatan sebagai anggota legislatif pada 2008, Ia mengikut uji kelayakan calon hakim Mahkamah Konstitusi (MK). Dia terpilih bahkan dipercaya menjadi Ketua MK periode 2008-2013.



0 Response to "Mahfud MD Jabat Menkopolhukam"

Posting Komentar