5 Kesalahan Paling Konyol dan Fatal di Dunia Militer

WowKerenViral ~ Setiap negara membutuhkan Militer yang kuat untuk mempertahanakan keamanan dan kadulatan rakyat dari berbagai ancaman dari luar ataupun dari dalam. Negara dengan Militer yang kuat akan disegani dan diperhitungkan oleh negara lain. Dan bidang Militer harus dipimpin oleh pejabat tinggi yang berani dan bijak dalam mengambil keputusan. Karena keoutusan mereka menentukan nasib rakyatnya.



Keputusan pemimpin militer akan menjadi sejarah bagi bangsanya apabila negerinya berhasil memenangkan perang. Namun keputusan pemimpin militer juga bisa menjadi bumerang bagi dirinya jika salah mengambil keputusan. Sejarah mencatat ada 5 kisah keputusan dan tindakan yang konyol dalam bidang militer di berbagai belahan dunia yang mengakibatkan kerugian bagi bangsanya.

Manusia memang tidak luput dari kesalahan, berikut 5 kesalahan fatal dan paling konyol di kemiliteran.

1. Pasukan Hannibal vs longsor salju


pasukan hannibal

Hannibal Barca dicatat dalam sejarah sebagai salah satu komandan perang paling hebat di Carthagian (sekarang Tunisia). Ia pandai mengatur strategi perang, ini terbukti pada tahun 216 SM, Hannibal dan pasukannya berhasil mengalahkan tentara Romawi dalam pertempuran di Kota Cannae. Padahal waktu perang pasukannya kalah jumlah dari pasukan Romawi.

Namun apa mau dikata karena keputusannya yang paling konyol, ia kehilangan 18.000 tentara, 2000 kuda, dan beberapa gajah perang mati dalam peristiwa longsornya salju. Kejadian ini bermula ketika pasukannya melewati pegunungan alpen, ia mengatakan kalau jalur salju tersebut aman, ia kemudian menghentakkan tongkat kayunya ke atas tumpukkan salju untuk membuktikannya. Disaat perjalanan melintasi salju tersebut runtuh menghamtam sebagian besar pasukannya.

2. Pertempuran Changping


perang changping


Benteng kerajaan Zhao di Shangdang, tiongkok di kepung selama tiga tahun oleh pasukan Qin mulai tahun 206 SM. Komandan Zhao Kuo dari Zhao tidak ingin tinggal diam, ia membawa 450.000 pasukan mencoba menghentikan pengepungan tersebut. Ternyata pasuka Qin jumlahnya lebih sedikit dibandingkan pasukan Zhao Kuo.

Memiliki jumlah pasukan yang lebih banyak membuat Zhao Kuo pongah dan gegabah. Ia memerintahkan agar semau pasukan menyerang dan memburu setiap musuh yang lari. Mereka lupa dengan kereta persediaan makanan yang di tinggalkan. Melihat hal itu Bai Qi langsung memerintahkan untuk membakar suplai makanan tentara Zhao.

Akibatnya pasukan Zhao Kuo kelaparan tidak ada yang bisa dimakan. 46 hari kemudian Zhao Kuo dibunuh. Sekitar 400.000 bawahannya yang sudah dalam keadaan kelaparan terpaksa menyerah, meskipun akhirnya mereka dieksekusi mati oleh Bai Qi.

3. Pertempuran Carrhae


perang carrhae


Jenderal perang romawi Marcus Licinius Crassus dan 45.000 legiunnya berusaha menginvasi Kekaisaran Parthian yang sedang sibuk menyerang Armenia pada tahun 35 SM. Demi mempercepat perjalanan dan penguasaan Crassus memilih melewati padang pasir tanpa istirahat sama sekali padahal medan yang dilalui berat sekali. Sampai di kota Carrhae, pasukan Crassus yang sudah kelelahan di serang 10.000 tentara Parthian yang dipimpin Surenas. Akibatnya mereka kalah, Crassus tewas dalam pertempuran tersebut, sedangkan 10.000 pasukannya yang masih hidup ditahan dan dijual sebagai budak oleh Surenas.

4. Terlalu mabuk untuk menyerang


sir edward cecil

Gabungan tentara inggris dan belanda ingin menginvasi spanyol pada oktober 1625, Sir Edward Cecil dan armada perangnya ratusan kapal dan 10.000 bala tentara menuju kota pelabuhan Cadiz tanpa persediaan makanan yang cukup. Mereka berniat merampas makanan sesampainya di cadiz.

Namun, cadiz terkenal sebagai penghasil wine terbaik eropa saat itu, hal ini membuat para pasukan cecil tergoda untuk merampok anggur dan mengadakan pesta. Di luar dugaan tentara yang mabuk mengancam akan melakukan pemberontakan, akhirnya cecil memerintahkan tentaranya kembali ke kapal dan tidak jadi menyerang.

5. Angkatan laut Brazil tak sengaja mengenggelamkan kapal sendiri


kapal bahia


Kecerobohan fatal terjadi pada bulan juli 1945, kapal induk angkatan laut Brazil, BZ Bahia, tenggelam di Samudra Atlantik. Setelah di usut ternyata tengelam bukan karena perang melainkan keteledoran awak kapal yang tak sengaja menembak salah satu pesawat di dek kapal. Sehingga pesawat tersebut meledak dan menabrak perangkat militer lainnya. Kapal Bahia tenggelam dalam waktu 3 menit saja, setengah dari awak kapal hilang dan sisanya diselamatkan kapal induk brasil lainnya.

Nah itulah 5 kesalahan paling konyol dan fatal di kemiliteran yang di lansir dari selipan.

Share Artikel

0 Response to "5 Kesalahan Paling Konyol dan Fatal di Dunia Militer"

Posting Komentar