Cek Kondisi Tubuh dengan Perubahan Warna Lidah

WowKerenViral ~ Ternyata perubahan warna pada bagian tubuh kita bisa menandakan kondisi kesehatan kita. Seperti perubahan warna kuku, perubahan warna lidah juga bisa menandakan kondisi tubuh. Jadi sebaiknya kita juga perlu cek warna lidah kita agar bisa pantau kondisi tubuh secara dini.

cek perubahan warna lidah


Lidah adalah organ tubuh yang bergerak bebas didalam mulut yang berfungsi sebagai indera pengecap membedkan rasa makanan dan minuman. Lidah juga berfungsi membantu proses makanan yang masuk ke mulut seperti mengunyah, menggiling, menelan.

Seperti apakah warna lidah yang normal?, umumnya lidah normal berwarna merah muda yang terdiri dari pipillae yaitu nodul-nodul yang berfungsi merasakan makanan dan minuman.

Berikut perubahan warna lidah yang bisa jadi pertanda kondisi tubuh kita.

Warna Merah

Lidah berwarna merah menandakan kekurangan vitamin B, kondisi ini bisa diatasi dengan suplemen. Ada juga orang yang memiliki bercak merah batas jelas berwarna putih di sepanjang lidah ini adalah kondisi langka dan tidak berbahaya disebut juga geographic tongue.

Warna Ungu

Lidah berwarna ungu disebabkan karena masalah jantung dan sirkulasi darah yang tidak lancar.

Warna Biru

jika mengalami masalah paru-paru atau penyakit ginjal, lidah bisa saja berwarna biru karena kekurangan oksigen didalam darah.

Warna Kuning

Para pemadat rokok atau tembakau kunyah bisa membuat lidah berwarna kuning, bisa juga di akibatkan penyakit kuning dan psoriasis.

Warna Abu-Abu

Lidah berwarna abu-abu bisa di sebabkan karena masalah pencernaan.

Warna Putih

Lidah berwarna putih bisa disebabkan karena infeksi jamur seperti sariawan. Kondisi ini bisa disembuhkan dengan obat sariawan atau obat anti jamur.

Jika perubahan warna lidah Anda dan berlangsung lebih dari 2 minggu disertai perubahan ukuran dan bentuk, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

Share Artikel