6 Cara Mencegah Penyakit yang Disebabkan Oleh Tikus

WowKerenViral ~ Memasuki musim hujan rawan penularan penyakit melalui udara atau makanan yang di konsumsi. Daerah yang terdampak banjir harus lebih ekstra hati-hati menjaga kesehatan, mengkonsumsi makanan. Salah satu penyakit yang disebabkan oleh tikus bisa sangat berbahaya.

Penyakit yang Disebabkan Oleh Tikus

Penyakit yang disebabkan oleh tikus ini bernama leptospirosis ditularkan melalui kencing tikus, bahayanya saat banjir tikus-tikus tersebut ikut tergenang dalam air dan bisa tersentuh manusia. Penyakit ini masuk ke tubuh melalui selaput lendir, mata, hidung, kulit lecet, dan makanan. Luka yang terbuka pada tangan dan kaki akan menjadi pintu masuk penyakit dari tikus ini jika genangan air sudah tercemar kotoran tikus yang sudah mengandung leptospirosis.

Gejala penyakit yang disebabkan oleh tikus ini yaitu demam tinggi mendadak, sakit kepala, mual muntah, lemas, nyeri otot terutuma otot betis, mata merah dan timbul kuning pada mata dan kulit. Sepintas terlihat seperti seperti pasien dengan infeksi hepatitis virus.

Penyakit dari tikus ini sangat berbahaya bisa menyebabkan komplikasi antara lain terjadi kerusakan ginjal, peradangan pankreas, liver, paru dan otak.

Cara Pencegahan Penyakit leptospirosis

Berikut beberapa cara pencegahan penyakit yang disebabkan oleh tikus ini dilansir dari laman Kementerian Kesehatan Republik Indonesia :

  1. Pola hidup sehat menjaga kebersihan diri dan lingkungan.
  2. Tempat penyimpanan Makanan dan Minuman harus aman dari tikus.
  3. Selesai kerja di sawah, kebun, selokan, sampah, dek rumah atau memperbaiki jaringan listrik, cucilah tangan dan kaki dengan sabun.
  4. Bagi pekerja yang beresiko tinggi terkena penyakit leptospirosis selalu gunakan sepatu karet ukuran tinggi dan sarung tangan karet.
  5. Membasmi tikus di rumah atau kantor.
  6. Ruangan-ruangan di rumah, kantor atau gedung yang diindikasikan ada bekas kencing tikus segera dibersihkan dengan desinfektan.

Nah itulah 6 cara pencegahan dari penyakit yang disebabkan oleh tikus.



close
Banner iklan disini