Sesuai Hadist, Inilah Keutamaan Senyum Istri Kepada Suami

WowKerenViral ~ Senyum bernilai ibadah dalam Islam, begitu mulianya Islam sehingga hanya dengan senyum kecil saja kita bisa mendapatkan pahala. Bahkan Rasulullah SAW membahas masalah senyum ini dalam sabdanya.

senyum istri

Betapa pentingnya senyum kepada orang lain, hal ini diriwayatkan Imam Muslim dan At-Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda.

“Dari Abu Dzar RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW berkata kepadaku, ‘Kamu jangan mengecilkan kebaikan sekecil apa pun, meski hanya menampakkan diri dengan wajah berseri di hadapan saudaramu.’” (HR Muslim dan At-Tirmidzi).

Dalam riwayat Imam At-Tirmidzi Rasulullah SAW mengatakan bahwa senyum seseorang dihadapan orang lain bernilai sedekah. Apalagi ditambah dengan sedekah harta atau ilmu maka akan memiliki arti yang luar biasa.

“Dari Abu Dzar RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Senyummu di hadapan saudaramu bernilai pahala sedekah bagimu.’” (HR At-Tirmidzi).

Banyak sekali manfaat atau kemaslahatan yang berawal dari saling senyum dan saling sapa. Dengan semangat persaudaraan dan semangat persahabatan Senyum tentu memiliki efek sosial, politik, ekonomi, dan budaya.

Jika senyum dengan orang lain saja sudah begitu dianjurkan, lantas bagaimana senyum dengan orang terdekat, orang tua, saudara, anak dan juga istri. Tentunya akan lebih dianjurkan lagi.

Rasulullah SAW berpesan ke Siti Fathimah RA putrinya, agar selalu senyum dan menjaga air muka di hadapan suami karena senyum dihadapan suami memiliki ganjaran besar dari Allah SWT.

“Wahai Fatimah, tiada seorang istri yang tersenyum di hadapan suaminya kecuali Allah akan memandangnya dengan pandangan kasih (rahmat).” (Syekh M Nawawi Banten, Uqudul Lujain fi Bayani Huquqiz Zaujain, halaman 13).

Senyum manis suami istri akan melahirkan pandangan rahmat Allah kepada rumah tangga mereka. Dari senyum tersebut Allah menurunkan rahmat, berkah, kasih sayang, ketenteraman, dan keharmonisan di dalam rumah tangga. Wallahu a’lam.

Itulah keutamaan senyum istri kepada suami menurut Hadist, dilansir dari naviri.

close
Banner iklan disini