Awas!, 5 Kebiasaan Sehari-hari Ini Bisa Merusak Kinerja Otak

WowKerenViral ~ Otak, pusat berpikir manusia, tempat menyimpan kenangan-kenangan serta ilmu pengetahuan yang dipelajari semasa hidup. Setiap saat manusia menggunakan otaknya untuk berpikir. Namun tidak banyak yang tahu beberapa kebiasaan berikut ini bisa menyebabkan kinerja otak rusak.

kerusakan otak


Hilangkan atau rubah kebiasaan-kebiasaan berikut ini yang bisa menyebabkan kinerja otak rusak. Berikut 5 kebiasaan sehari-hari yang bisa merusak otak.

5 Kebiasaan Buruk Merusak Kinerja Otak


1. Terlalu banyak garam

Senang dengan rasa asin pada makanan?, sebaiknya berhati-hati. Jangan terlalu banyak konsumsi garam, menurut studi yang dikeluarkan oleh jurnal JAMA Neurology. Konsumsi garam berlebih bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan stroke. Pembuluh darah yang rusak akibat tekanan darah tinggi dan stroke bisa menyebabkan kerusakan otak.

2. Kurang tidur

Istirahat yang cukup dengan tidur bisa membasmi racun atau zat berbahaya dalam tubuh termasuk otak. Jika kekurangan waktu tidur maka mekanisme tubuh tidak berjalan smpurna. Sehingga tidak bisa membersihkan otak dari zat berbahaya, maka bisa merusak kinerja otak.

3. Makan berlebih

Terlalu banyak makan makanan yang tidak bernutrisi menjadi penyebab obesitas. Menurut penelitian kecenderungan munculnya penyakit demensia, salah satu penyakit otak.

4. Kesepian

Penelitian terhadap 100 orang berusia diatas 80 tahun di Rush University Medical Center, Amerika Serikat. Menunjukkan bahwa orang yang sedikit kontak sosial atau kesepian menderita kerusakan kognitif pada otak paling parah. Maka dari itu kehidupan bersosial sangat penting.

5. Kurang minum

Minum sangat banyak manfaatnya bagi tubuh manusia. Jika seseorang kurang minum selama dua jam maka akan terjadi penurunan fungsi kognitif otak. Dehidrasi juga bisa menyebakan seseorang kehilangan fokus, pemecahan masalah.

Itulah 5 kebiasaan yang bisa merusak otak dilansir dari popular. Jalankan pola hidup sehat agar kesehatan terjaga.
close
Banner iklan disini