5 Cara Mengatasi Konflik Rumah Tangga Karena Masalah Keuangan Keluarga

WowKerenViral ~ Dalam sebuah keluarga pastinya banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Apalagi jika sudah memiliki keturunan, semakin bertambahnya anggota keluarga maka kebutuhan akan semakin besar dan tentunya butuh uang yang cukup. Berbicara tentang uang, banyak sekali suami istri yang terlibat pertengkaran karena masalah keuangan keluarga.



Deny Hen dalam bukunya The Great Marriage,memberikan sejumlah tips untuk mengurangi konflik mengenai keuangan keluarga. Berikut 5 tips mengatasai masalah keuangan keluarga

Budget planning (perencanaan anggaran)

Buat perencanaan pengeluaran per minggu, per bulan, hingga per tahun dan perlu di catat. Disamping itu harus ada pos-pos pengeluaran seperti kebutuhan makanan, sekolah, pengeluaran rumah tangga rutin, dan sebagainya.

Simpan di kotak yang sama

Bagi suami istri yang bekerja, punya penghasilan sendiri sebaiknya dijadikan satu kotak untuk penyimpanan keuangannya dan disebut sebagai penghasilan keluarga bukan lagi penghasilan terpisah milik suami atau istri. Dengan begitu memudahkan dalam merencanakan alokasi keuangan keluarga bersama.

Miliki kotak uang saku masing-masing

Selain disatukan uang penghasilan masing-masing antara suami dan istri, perlu juga memiliki tabungan sendiri sebagai uang saku masing-masing. Jadi suami punya tabungan buat uang saku begitu juga istri, yang itu bisa digunakan untuk keperluan sendiri sesuai kehendak hati. Akan tetapi pos-pos keuangan sebelumnya sudah terpenuhi.

Diskusikan gaya pengaturan keuangan

Komunikasikan dengan istri atau suami mengenai gaya pengaturan keuangan yang akan dijalankan. Komunikasi sangat penting agar perencanaan keuangan bisa berjalan dengan baik dan gol yang direncanakan bisa tercapai. Sebaiknya komunikasikan sejak awal agar kedepannya tidak ada salah komunikasi atau salah pengaturan.

Jangan “gali lubang tutup lubang”

Masalah utang sangat sensitif dalam keluarga bisa menimbulkan pertengkaran. Selesaikan utang-utang yang belum terbayar, komunikasikan dengan pasangan jika memiliki utang sebelumnya atau ingin berutang dengan mengajukan kredit. Sehingga masalah utang bisa diselesaikan bersama dan tidak semakin membesar permasalahannya di kemudian hari.

Nah itu tips atau 5 cara mengatasi masalah keuangan keluarga yang bisa menimbulkan pertengkaran dilansir dari popular.





0 Response to "5 Cara Mengatasi Konflik Rumah Tangga Karena Masalah Keuangan Keluarga"

Posting Komentar