Facebook Ultah ke 16, Berikut Perjalan Jatuh Bangun Berdirinya Facebook

WowKerenViral ~ Hari ini tanggal 4 februari 16 tahun silam tepatnya 4 februari 2004 facebook lahir di asrama mahasiswa Harvard. Setelah 16 tahun berlalu kini facebook menjadi social media terbesar di Dunia. Data menunjukkan pengguna facebook sampai pertengahan tahun 2019 sebanyak lebih dari 2,3 miliar.



Mark Zuckerberg sebagai founder merupakan aktor utama berdirinya facebook. Zuckerberg merupakan mantan mahasiswa Harvard University yang drop out. Berkembangnya facebook selama 16 tahun ini tentunya tidak mudah, banyak lika-liku yang harus dihadapi.

Lantas bagaimana perjalanan Facebook selama ini? Berikut kisahnya :

Sebelum facebook berdiri, Mark sempat membuat Facemash yang kontroversial

Sejak masih kecil Mark sudah mengenal pemrograman, ayahnya mendatangkan seorang guru privat. Lulus SMA Mark melanjutkan ke Harvard University, di kampus ini ia membuat website Facemash. Web ini menampilkan content seleb-seleb kampus, pengguna web bisa memilih mana seleb kampus terbaik.

Web ini menimbulkan masalah karena foto dan video di upload tanpa izin, hampir saja Mark dikeluarkan dari kampus.

Setelah kejadian Facemash, Mark menciptakan web baru yaitu thefacebook

Setelah peristiwa Facemash, Mark bersama teman-temannya, yaitu Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes membuat thefacebook. Web ini awalnya hanya sebatas komunikasi antar mahasiswa harvard, penggunanya harus memiliki email harvard.

Berjalannya waktu web tersebut digunakan beberapa kampus bahkan akhir 2004, keanggotaan Facebook sudah terbuka untuk seluruh kampus di Amerika Serikat dan Kanada. Dan pada tahun 2006 Facebook terbuka untuk umum, mengizinkan semua orang bergabung termasuk tetangga, orang tua, dan teman-teman.

Facebook tersangkut kasus hak cipta. Mantan rekan kerja menuntut dengan tuduhan mencuri konsep project

Baru mulai berkembang, Facebook sudah mendapat masalah. Zuckerberg dituntut oleh tiga mantan rekan kerjanya yaitu Cameron Winklevoss, Tyler Winklevoss, dan Divya Narendra. Mereka menuduh Zuckerberg mencuri konsep project yang mereka kerjakan sebelumnya, yaitu project yang ditinggalkan Zuckerberg untuk membangun theFacebook. Kasus ini baru selesai di tahun 2008, di mana ketiganya mendapat sejumlah kompensasi dari saham Facebook.

Saat mulai berkembang facebook tersangkut masalah hak cipta. Tiga mantan rekannya Cameron Winklevoss, Tyler Winklevoss, dan Divya Narendra menuduh Zuckerberg mencuri konsep project yang mereka kerjakan. Kasus selesai di tahun 2008, ketiganya mendapat sejumlah kompensasi dari saham Facebook.

Tahun 2005, Zuckerberg keluar dari Harvard dan full-time jadi CEO Facebook

Tahun 2005 Mark menghilangkan kata "the" sehingga menjadi Facebook dan pada tahun itu pula ia memutuskan keluar dari Harvard, untuk konsen penuh di Facebook. Setelah itu semakin banyak investor dan facebook berkembang pesat.

Kucuran dana dari investor terus mengalir salah satunya adalah Sheryl Sandberg yang merupakan eksekutif di Google. Sheryl Sandberg berperan besar atas perkembangan Facebook hingga seperti sekarang ini.

Inovasi terus berjalan, Facebook tidak hanya sebatas Media Social tetapi menjadi platform multifungsi

Niat awalnya hanya sebagai media komunikasi mahasiswa harvard namun facebook terus berkembang. Kini bisa jualan (dengan facebook ads), main game, berbagi live moment, dan masih banyak lagi. Facebook melakukan akuisisi media sosial lain seperti Instagram dan WhatsApp.

Masalah muncul, Chambridge Analytica Scandal yang konon bikin kekayaan Zuckerberg lumayan menurun

16 tahun perjalan menjadi seperti sekarang tidaklah mudah, setelah dituntut Cameron Winklevoss, Tyler Winklevoss, dan Divya Narendra di tahun 2004, Facebook kembali tersandung masalah yang besar yaitu Chambrigde Analytica Scandal. Penyalagunaan 87 juta data milik Facebook untuk kepentingan politik tanpa izin pengguna.

Zuckerberg mengakui kesalahannya dan minta maaf. Kasus ini membuat saham facebook turun dan didenda sebesar 70 triliun. Sempat menggerus total kekayaan Zuckerber.

Dari penjelasaan diatas bisa diambil pelajaran bahwa tidak mudah membangun impian perlu kerja keras dan tekad yang kuat. Mark Zuckerber memberi contoh nyata dilansir dari hipwee, kita tunggu saja kelanjutan kisah facebook kedepannya.

Share Artikel