Kenapa Warna Lampu Lalu Lintas Cuma Merah Kuning Hijau, Ini Alasannya

WowKerenViral ~ Anda suka berkendara, pastinya sudah tidak asing lagi dengan lampu lalu lintas?. Dari awal diciptakan lampu lalu lintas ini memang digunakan untuk mengatur lalu lintas di kota london yang padat, penuh denga n pejalan kaki dan pengendara kereta kuda kala itu.

lampu lalu lintas


Lampu lalu lintas ini sangat penting untuk keselamatan pengendara dan juga pejalan kaki. Tapi tahukah anda, pertama kali digunakan malah memakan korban?, ternyata semua ini ada hubungannya dengan warna yang ada pada lampu lintas itu sendiri.

Kita semua tahu lampu lalu lintas saat ini berwarna merah, kuning, hijau. Berikut alasan kenapa lampu lalu lintas cuma berwarna merah, kuning, dan hijau :

Lampu lalu lintas dengan dua warna

Korban pertama kali saat penerapan lampu lalu lintas ini adalah polisi yang bertugas mengontrolnya, Kok bisa?. Saat itu penerapan lampu lalu lintas belum matang, metode yang digunakan diambil dari metode semapur yang mengontrol lajur kereta api

Kejadiannya terjadi pada 9 desember 1868 karena lampu lalu lintas kereta api hanya ada dua tanda yaitu "GO" dan "Stop" maka pengendara akan tiba-tiba berhenti mendadak karena tak ada aba-aba untuk berhenti.

Lampu Lalu Lintas diawal abad 20

Amerika serikat adalah negara yang banyak menetapkan hak paten untuk inovasi-inovasi lampu lalu lintas. Salah satunya William Ghiglieri yang memegang hak paten model lampu lalu lintas otomatis pada tahun 1917.

Seorang polisi Amerika bernama William L. Potts ditahun 1920 mengusulkan untuk memakai tiga warna pada lampu lalu lintas, usul ini kemudian mulai diterapkan di beberapa wilayah di Amerika Serikat. Inilah cikal bakal lampu lalu lintas tiga warna.

Simbol dan makna dari pilihan warna lampu lalu lintas

Warna-warna yang dipilih harus warna yang terang dan bisa dilihat dari jarak jauh sekalipun. Pemilihan warna merah karena identik dengan simbol bahaya. Sehingga bisa diartikan jika tak ingin kena bahaya, kamu harus berhenti sekarang.

Pemilihan warna hijau karena panjang gelombang spektrum pada warna hijau lebih rendah daripada kuning, ini menandakan bahwa warna ini lebih mudah untuk dikenali. Warna hijau pada lampu lalu lintas berarti “Oke” atau aman.

Sedangkan warna kuning dipilih sebagai tanda untuk waspada, alasannya karena warnanya yang hampir mudah dikenali seperti pada lampu merah.

Itulah alasan pemilihan warna merah, kuning, hijau dan juga menggunakan 3 warna pada lampu lalu lintas yang dilansir dari covesia.


0 Response to "Kenapa Warna Lampu Lalu Lintas Cuma Merah Kuning Hijau, Ini Alasannya"

Posting Komentar