Ternyata Begini Asal Muasal Hari Valentine

WowKerenViral ~ Valentine days atau hari valentine adalah hari kasih sayang yang dirayakan di sebagian besar negara pada tanggal 14 Februari termasuk indonesia bagi yang ingin merayakannya. Hari Valentine identik dengan menyatakan cinta dan kaish sayang mereka pada orang di cintai dan di sayangi.

hari valentine


Bagaimana awal terciptanya hari kasih sayang ini sampai dirayakan hampir di seluruh dunia?, Berikut beberapa sejarah yang berkaitan dengan hari valentine.

Ternyata hari valentine atau hari kasih sayang ini sudah ada selama lebih dari 1500 tahun. Di Roma kuno, pada 15 Februari setiap tahunnya selalu dirayakan dengan pesta yang di sebut Lupercalia. Pada momen itu anak-anak perempuan akan menulis surat cinta, yang kemudian ditempatkan di sebuah guci besar kemudian para pria akan mengambil secara acak surat tersebut dan mulai berkencan dengan gadis yang menulisnya.

Sedangkan pada zaman yunani kuno hari valentine disebut dengan Panurgy. Ritual-ritual diselengarakan untuk menghormati dewa Pan - dewa pelindung ternak, hutan, ladang, dan kesuburan mereka. Dewa ini adalah dewa yang riang gembira suka bersantai di hutan memainkan serulingnya dan mencoba merayu gadis-gadis lokal.




Menurut kisah yang lebih modern hari valentine ini ada keterkaitan dengan St. Valentine. Kisah yang paling populer adalah seorang pengkhotbah Kristen pada 269 menikahi legiun Romawi dengan wanita-wanita tercinta mereka, meskipun dilarang dan dihukum mati. Kaisar mengeluarkan undang-undang melarang para legiun menikah, mereka yakin bahwa pria yang sudah menikah hanya akan memikirkan istri dan keluarganya, dan bukan tentang kehebatan Kekaisaran atau militer.

Santo Valentine bersimpati dengan para pejuang dan mencoba membantu mereka dengan segala cara yang mungkin. Dia akan mendamaikan kekasih yang bertengkar, menulis surat menggantikan mereka dengan pernyataan cinta, memberikan bunga kepada pasangan muda, dan melakukan upacara pernikahan rahasia untuk prajurit.

Kejadian ini diketahui oleh Claudius II dan memerintahkan pastor untuk dipenjara dan segera dieksekusi. Menurut Legenda ketika Valentine masih berada di selnya, putri buta sipir itu jatuh cinta padanya. Tetapi Valentine terikat sumpahnya tidak bisa membalas perasaanya. Sebelum di eksekusi pada 13 Februari, dia menulis surat menyentuh pada wanita tersebut, kalau dia mengakui perasaannya yang sebenarnya kepadanya.

Namun sayang surat itu diterima setelah eksekusi dilakukan. Entah benar tidaknya kejadian-kejadian diatas merupakan asal muasal hari valentine yang perlu kita kedepankan adalah rasa cinta dan kasih sayang tidak perlu menunggu hari vakentine untuk mengutarakannya.

Itulah beberapa kisah-kisah yang dikaitkan sebagai asal muasal hari valetine yang dilansir dari brainberries.

Share Artikel

0 Response to "Ternyata Begini Asal Muasal Hari Valentine"

Posting Komentar