Kisah 3 Wanita Cantik yang Bertugas Sebagai Mata-Mata (Spionase)

WowKerenViral ~ Film-film spionase atau mata-mata sering juga diperankan oleh wanita, dalam film tersebut wanita dengan postur tubuh aduhai dan kecantikan yang menawan serta kepintaran dan keahlian dalam beladiri menjadi ciri khas film tersebut. Ternyata cerita dalam film tersebut bukan omong kosong belaka, di kehidupan nyata banyak mata-mata seorang wanita dengan ciri-ciri seperti di film tersebut.

mata-mata wanita


Negara-negara adidaya yang memiliki sistem pertahanan yang komplit, mereka memiliki intelejen-intelejen yang tidak diketahui identitasnya bertugas sebagai mata-mata bagi negaranya. Bahkan dalam buku biographi Preiden RI pertama Soekarno berjudul "Penyambung Lidah Rakyat" ditulis oleh Cindy Adam, Soekarno mengakui pernah merekrut sekelompok wanita untuk menjadi mata-mata.

"Kalau menghendaki mata - mata yang jempolan, berilah aku seorang Wanita. Hasilnya mengagumkan sekali dalam pekerjaan ini (mata - mata)," kata Soekarno.

Pendapat Soekarno ini dibenarkan oleh penulis buku intelejen inggris berjudul "Spooks: The Unofficial History of MI5" Claire Thomas.

"Seorang wanita yang menarik, cerdas, bisa menjerat seorang pria dan membuatnya kurang waspada. Wanita itu akan mengubah mereka (para pria) menjadi takluk di tangan mereka dan mendapatkan informasi yang wanita butuhkan. Dia (wanita) tidak harus menggunakan seks - tetapi itu (daya tarik) adalah senjata yang baik," beber Claire Thomas, sebagaimana dilansir media Inggris, newsoftheworld.co.uk.

Berikut daftar 3 intelejen wanita tercantik terkenal di dunia :

1. Margaretha Geertruida Zelle alias Mata Hari


mata-mata wanita


Ia seorang penari erotis dengan nama panggung Mata Hari, lahir di Leeuwarden, Belanda 7 agustus 1876 dan meninggal 15 oktober 1917. Memiliki tida saudara, ia adalah anak pertama dari 4 empat bersaudara dari ayah bernama Adam Zelle dan ibu bernama Antje Van der Meulen. Ayahny seorang pengusaha memiliki saham di kilang minyak dan punya toko topi, namun tahun 1889 mengalamin kebangkrutan.

Mata Hari pernah menjadi istri seorang tentara Hindia Belanda bernama Rudolph 'John' Macleod, tinggal di Indonesia yang dulunya bernama Hindia Belanda. Sempat tinggal di Malang tahun 1897 dan mempunyai dua orang anak bernama Norman-Jhn Macleod dan Louise Jeanne Macleod.

Setelah anak laki-lakinya meninggal ia kemudian pindah ke Paris, Perancis tahun 1903. Setelah itu ia mulai terkenal sebagai penari erotis tahun 1905. Berkarir sebagai penari erotis banyak mengenal orang-orang penting di banyak negara seperti petinggi militer, politikus, dan tokoh penting lainnya. Termasuk putra mahkota jerman dan juga Frederick William Ernest serta seorang pengusaha kaya perancis dan perwira tinggi perancis.

Tanggal 13 februari 1917 menjadi akhir perjalanan Mata Hari, ia di tangkap oleh tentara perancis saat menginap di Hotel Elysee Palace di Champs Elysees, Paris. Dituduh sebagai mata-mata jerman pada perang dunia I yang menyebabkan 50 ribu tentara tewas. Kemudian ia di eksekusi oleh regu tembak perancis dengan tuduhan spionase untuk Jerman.

2. Noor Inayat Khan


mata-mata wanita


Lahir di Rusia 1 januari 1914, ayah berdarah India dan ibu Amerika. Noor Inayat Khan dikenal sebagai mata-mata Inggris menggunakan nama samaran Bora Baker. Ia tumbuh besar di London, kemudian pindah ke Paris, Perancis ikut keluarganya. Ia sempat belajar kedokteran, musik dan menjadi penulis dongeng anak india tradisional berjudul Twenty Jataka Tales terbit 1939.

Khan di latih menjadi palang merah Perancis tahun 1939 saat perang Dunia I. Kemudian pindah ke Inggris 1940 bersama Ibu dan saudaranya karena Paris dikuasai Jerman. Di Inggris Khan menjadi Operator Telekomunikasi Nirkabel di Satuan Komando Wanita Angkatan Udara. Karena kemampuannya ia di rekrut oleh Special Operation Executive (SOE) menjadi mata-mata elite Inggris tahun 1942.

Khan tetap menyadap pesan-pesan radio Nazi walau satu persatu rekannya telah di tangkap Gestapo, tentara rahasia Jerman. Ia tetap beraksi dilapangan dengan berganti-ganti penampilan dan nama alias selama 3 bulan, walau sebenarnya atasannya memerintahkannya kembali ke Inggris. Akhirnya identitasnya terbongkar karena ada pengkhianat, ia di tahan.

Di kamp Nazi Khan disiksa, dipukuli selama 10 bulan, tetapi ia tetap tutup mulut tidak membongkar informasi kepada musuh. Tanggal 13 september 1944, ia meninggal dengan luka tembakan dikepala. Sebelum ditembak ia mengucapkan kata "Liberte".

Inggris membangun patung Khan di London Gordon Square 2012 lalu untuk memperingati jasa-jasanya.

3. Liu Hulan


mata-mata wanita


Liu adalah mata-mata yang cantik mempesona selama perang sipil China antara Kuomintang dan partai Komunis. Lahir di desa Yunshouxi, Wenshui Provinsi Shanxi. Ia bergabung dengan partai Komunisa tahun 1946 dan menjadi bagian asosiasi perempuan yang mendukung Tentara Pembebasan. Aktif sebagai orang yang mengorganisir penduduk desa agar mendukung partai komunis China.

Kontribusinya sangat besar antara lain, memasok makanan untuk tentara pembebasan Kedelapan, menyampaikan pesan rahasia, memperbaiki sepatu, baju tetara.

Tanggal 12 Januari 1947, Liu di tahan oleh tentara Kuomintang yang menyerbu desanya karena ingin membalas dendam atas pembunuhan Shi Peihuai, Kepala desa yang setia kepada Kuomintang. Mereka dikumpulkan dilapangan dan di eksekusi dengan dipenggal kepala mereka. Sebelum memenggal Liu diberi kesempatan untuk meninggalkan kesetiannya pada Komunis, namun ia menolak dan langsung dipenggal.

Kisahnya menjadi simbol keberanian orang-orang China dan sering disebut simbol kesetiaan pada Komunisme.

Dilansir dari berbagai Sumber.

Share Artikel