Lebih Waspada, Penularan COVID-19 Melalui Mata Juga Bisa

WowKerenViral ~ Kasus Coronavirus biasa disebut COVID-19 semakin meningkat di Indonesia, penularannya semakin meluas, karena itu harus lebih waspada lagi. Agar terhindar dari virus ini pemerintah sudah mengeluarkan kiat-kiat untuk di jalani agar terhindar, salah satunya penggunaan masker dan juga handsanitizer. Penggunaan masker agar virus bisa di cegah yang akan masuk melalui mult dan hidung. Sedangkan handsanitizer agar mensterilkan dan membunuh virus yang menempel di tangan.

penularan covid-19 melalui mata


Selama ini yang diketahui penularan hanya melalui mulut dan hidung, tetapi ternyata penularan COVID-19 melalui mata bisa juga terjadi. Kok bisa menular melalui mata?, berikut penjelasan dari para ahli, bagaimana coronavirus menular lewat mata.

Penularan COVID-19 Melalui Mata


Penelitian tentang virus COVID-19 ini terus dilakukan oleh para ahli dan sampai saat ini informasi terkait virus ini masih minim. Namun menurut para ahli virus ini menular melalui cairan tubuh atau droplet orang yang terinfeksi.

"Secara teori memang penularan ini dari droplet, kemudian paparan droplet tersebut masuk ke jaringan mukosa," jelas Dr. Setiyo Budi Riyanto, SpM(K), selaku Kepala Bedah Refraktif dan Direktur Utama Jakarta Eye Center (JEC), Sabtu (14/3), di acara JEC World Glaucoma Week 2020.

Droplet atau cairan tubuh yang dimaksud adalah carian yang keluar dari tubuh orang yang terinfeksi melalui batuk, bersin, dan lain-lain. Cairan ini bisa langsung menular jika orang yang terinfeksi tersebut tidak memakai masker saat batuk dan bersin di keramaian.

Contoh kasus yang umum terjadi yaitu saat orang yang terinfeksi bersin dan batuk di tangan kemudian orang tersebut menyentuh tangan orang lain dan orang lain tersebut makan tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.

"Dicurigai bisa lewat mata juga. Misalnya, virusnya masuk ke jaringan mukosa setelah orang yang terpapar virus tersebut menyentuh matanya," ungkap dr. Setiyo. Oleh sebab itu, kita disarankan untuk tidak sering menyentuh mata.

Untuk penularan lewat mata melalui air mata. American Academy of Ophthamology mengatakan, orang yang terinfeksi Coronavirus bisa menularkan virusnya ketika orang lain menyentuh medium yang terpapar air mata tersebut. "Jadi, jangan suka megang mata. Kalaupun mau pegang mata, cuci tangan terlebih dahulu," jelas dr. Setiyo.

Jadi selalu ikuti kiat-kiat menghindari COVID-19 salah satunya penggunaan masker, mencuci tangan dan jangan sering memegang mata atau mengucek mata dilansir dari guesehat.

0 Response to "Lebih Waspada, Penularan COVID-19 Melalui Mata Juga Bisa"

Posting Komentar