Sabun Ampuh Membunuh Virus COVID-19 dan Kuman-Kuman Jahat Lainnya

WowKerenViral ~ Disinfektan, hand sanitizer, gel atau tisu mengandung alkohol bisa menghilangkan virus covid-19 akan tetapi sabun dan air merupakan cara yang sangat ampuh membunuh virus covid-19 yang ada di kulit, kok bisa?.

Semenjak virus covid-19 muncul dan mulai menyebar kemana-mana, para ahli terus melakukan penelitian bagaimana cara yang efektif menghindari penularan virus ini karena sampai saat ini obat atau vaksin masih belum ditemukan. Dan akhirnya para ahli menyarankan untuk mencegah infeksi virus covid-19 yaitu dengan mencuci tangan pakai sabun.

Berikut penjelasannnya kenapa sabun dan air bisa membunuh virus covid-19.

membunuh virus covid-19


Sabun Membunuh Virus Covid-19


Kenapa Sabun?, baik itu sabun cair, sabun batangan dengan aroma harum ternyata bisa membunuh virus covid-19.

Virus memiliki bentuk yang kecil dan terbalut protein dan lemak sehingga virus bisa menempel dengan mudah pada permukaan kulit seperti tangan. Orang terinfeksi virus covid-19 bersin atau batuk, percikan cairan bisa menempel di tangan. Cairan ini bisa terdapat virus dan saat mengering virus tetap menempel di kulit karena kulit tempat ideal untuk virus ini hidup.

Nah saat membersihkan tangan dengan membilas menggunakan air saja, virus tersebut sulit untuk hilang karena lapisan yang membalut virus seperti minyak.

Nah saat membersihkan tangan dengan membilas menggunakan air saja, virus tersebut sulit untuk hilang karena lapisan yang membalut virus seperti minyak.

Seperti kita ketahui minyak dan air tidak bisa bercampur sehingga jika hanya dibilas dengan air maka virus tetap lengket tidak bisa hilang.

Ketika menggunakan sabun, air yang tercampur sabun akan mudah membersihkan minyak karena sabun memiliki dua sisi molekul. Satu sisi adalah molekul yang tertarik dengan air dan sisi lainnya tertarik dengan lemak.

Jadi ketika molekul sabun bersentuhan dengan air dan lemak, atraksi ganda ini memecah balutan lemak. Partikel lemak buyar dan menyatu dengan air.

Dilansir dari hellosehat, Virus Covid-19 bisa bertahan dengan air karena mengandung partikel protein dan lemak yang seperti minyak. Maka dari itu dibutuhkan partikel yang bisa menghilangkan minyak tersebut yaitu sabun. Dengan sabun balutan lemak tersebut akan terpecah dan virusnya akan ikut tandas. Air mengalir kemudian akan membilas sisa-sisa virus dan membunuh virus COVID-19 yang susah terpecah belah oleh sabun.



0 Response to "Sabun Ampuh Membunuh Virus COVID-19 dan Kuman-Kuman Jahat Lainnya"

Posting Komentar