10 Fenomena Alam Menakjubkan, Sulit Untuk Di Percaya, No 9 ada Di Indonesia

WowKerenViral ~ Alam menyimpan banyak misteri, fenomena-fenomena alam yang terjadi di dunia ini menimbulkan rasa kagum dan seolah tidak percaya tetapi benar terjadi. Sebagai makhluk yang menghuni dunia ini tentunya harus selalu menjaga dan melestarikan alam ini agar tetap terjaga dan bisa bermanfaat bagi manusia itu sendiri. Beberapa fenomena alam yang terjadi di dunia berikut sungguh membuat kita heran dan tak percaya tapi memang benar adanya.



Berikut 10 fenomena alam yang terjadi di dunia yang membuat kita takjub dan merasa tidak percaya :

10 Fenomena Alam Menakjubkan


10. Air Terjun Darah di Antartika.


10 fenomena alam menakjubkan


Siapa yang tidak kenal dengan Antartika, daerah paling dingin di dunia ini merupakan pusat es dunia. Ada satu fenomena yang menakjubkan yaitu aliran air darah. Air yang mengalir dari Gletser Taylor ke permukaan yang tertutup es di West Lake Bonney di Lembah Taylor di Lembah Kering McMurdo di Victoria Land, Antartika Timur ini berwarna merah seperti darah. Fenomena ini pertama kali ditemukan oleh ahli geologi Australia Griffith Taylor tahun 1911.

Faktor penyebab air terjun darah ini terungkap berkat penelitian oleh University of Alaska Fairbanks. Asal air berwarna darah ini karena kandungan besi teroksidasi dalam air asin.

9. Pohon Pelangi Eucalyptus di Kailua, Hawaii.


10 fenomena alam menakjubkan


Pohon ini bernama latin Eucalyptus deglupta, pohon yang tinggi biasa di sebut juga eucalyptus pelangi. Pohon yang bisa di dapatkan di daerah Britania Baru, Papua, Seram, Sulawesi dan Mindanao ini memiliki keunikan yaitu Kulit kayu multi-warna atau memiliki corak warna yang bermacam-macam. Pohon ini tumbuh di hutan tropis dengan curah hujan yang banyak.

8. The Wave, Arizona.


10 fenomena alam menakjubkan


The Wave terletak di Arizona, Amerika Serikat, merupakan formasi batu pasir merah yang cantik di lereng Coyote Buttes di Paria Canyon-Vermilion Clifferness Wilderness terletak dibagian utara negara bagian Arizona, AS. Fenomena alam ini menjadi tempat tujuan para fotografer alam karena bentuknya yang berwarna-warni dan bergelombang.

7. Pesisir Shimmering di Vaadhoo, Maladewa.


10 fenomena alam menakjubkan


Pemandangn lautan yang menakjubkan, deburan ombak yang dihiasi cahaya biru, cahaya biologis atau bioluminesensi. Cahaya ini dihasilkan oleh mikroba laut yang disebut fitoplankton. Pemandangan ombak yang indah di malam hari, tempat yang cocok untuk bulan madu.

6. Pilar Cahaya Di Atas Moskow.


10 fenomena alam menakjubkan


Fenomena alam yang langka, pilar cahaya di langit. Fenomena luar biasa ini terjadi di Rusia ketika cahaya dipantulkan dari kristal es yang dekat dengan tanah. Fenomena visual ini diciptakan oleh pantulan cahaya dari kristal es dengan permukaan planar paralel dekat horisontal.

5. Rumah Susun Reflektif Salt di Bolivia.


10 fenomena alam menakjubkan


Salar de Uyuni adalah flat garam terbesar di dunia pada 10.582 km persegi. Ini merupakan tanah yang dilapisi kerak garam sehingga reflektif, sempurna sekali memantulkan bayang-bayang langit. Salar terbentuk dari transformasi beberapa danau prasejarah. Salar de Uyuni adalah tempat kristal di dunia . Saat hujan, permukaan datar ini membentuk cermin terbesar di dunia.

4. Cenote, Mata Air Alami Bawah Tanah di Meksiko.


10 fenomena alam menakjubkan


Kadang-kadang sulit untuk mempercayainya tetapi memang nyata seperti fenomena alam ini yaitu mata air alami bawah tanah di Meksiko. Dikenal dengan nama Cenote, adalah lubang alami atau lubang pembuangan yang dihasilkan dari runtuhnya batuan kapur yang mengekspos air tanah di bawahnya. Fenomena ini kadang-kadang digunakan oleh Maya kuno untuk persembahan kurban.

3. Badai Petir Vulkanik


10 fenomena alam menakjubkan


Badai “Petir vulkanik” adalah fenomena cuaca yang terjadi saat petir dihasilkan dalam debu vulkanik. Sebuah studi menunjukkan bahwa muatan listrik dihasilkan ketika fragmen batuan, abu, dan partikel es dalam plume vulkanik bertabrakan dan menghasilkan muatan statis, seperti halnya partikel es bertabrakan dalam badai petir biasa.

2. Pohon Hantu di Pakistan.


10 fenomena alam menakjubkan


Pohon yang diselubungi jaring-jaring laba-laba yang sangat banyak sehingga terlihat seperti pohon hantu. Fenomena ini terjadi karena jutaan serangga laba-laba yang berusaha menyelamatkan diri karena terjadi banjir yang besar dan lama berpindah ke sebuah pohon dan membentuk sarang yang menyelimuti hampir seluruh bagian pohon.

1. Hutan Bawah Air di Danau Kaindy, Kazakhstan.


10 fenomena alam menakjubkan


Hutan cekung adalah bagian dari Danau Kaindy sepanjang 400 meter di bagian Pegunungan Tian Shan di Kazakhstan, terletak 129 km dari kota Almaty. Danau itu tercipta dari tanah longsor batu kapur yang sangat besar, dipicu oleh gempa bumi 1911. Gempa menghancurkan lebih dari 700 bangunan. Sehingga memicu tanah longsor yang membentuk bendungan alami. Seiring berjalannya waktu, lembah itu kemudian dibanjiri oleh air hujan, menutupi pohon-pohon yang tumbuh di sana.

Nah itulah 10 Fenomena alam yang menakjubkan dan sulit untuk dipercaya melansir dari wonderlist.



Share Artikel