4 Ilmuwan Muslim Hebat di Dunia

WowKerenViral ~ Teknologi yang berkembang saat ini adalah pengembangan dari penemu-penemu terdahulu. Para ilmuwan jaman dulu merupakan cikal bakal perkembangan teknologi saat ini. Seperti alat mikroskop saat ini dan masih banyak lagi. Para ilmuwan begitu pintar memiliki rasa ingin tahu yang besar sehingga bisa menciptakan sesuatu yang belum ada sebelumnya.



Saat ini banyak ilmuwan terkenal namun rata-rata yang dikenal orang-orang barat, jarang ilmuwan muslim terkenal saat ini. Jika flashback ke belakang sebenarnya banyak ilmuwan muslim hebat, seorang penemu yang penemuannya menjadi cikal bakal perkembangan teknologi saat ini. Berikut 4 ilmuwan muslim hebat yang jarang diketahui.

1. Abu Ali Muhammad al-Hasan


ilmuwan muslim hebat


Dikenal dengan panggilan ibnu Haitham, Abu Ali Muhammad Al-Hasan adalah tokoh islam yang berpengaruh di dunia teknologi. Keahliannya dibidang sains, matematika, pengobatan, filsafat menjadikannya salah satu ilmuwan islam terhebat.

Ia merupakan bapak teknologi Optik karena ia yang pertama kali menciptakan optik yang dipakai di perangkat kamera saat ini. Karena penemuannya ini membuat Roger Bacon dan Kepler terinspirasi menciptakan mikroskop dan teleskop, wow. 

Ia juga dikenal sebagai penggagas teknologi kaca pembesar berkat percobaanya dengan kaca yang dibakar.

2. Abbas Bin Firnas


ilmuwan muslim hebat


Abbas Bin Firnas atau Abbas Abu Al-Qasim seorang ilmuwan muslim hebat, ia sanggup menggabungkan cabang ilmu yang berbeda-beda.

Abbas adalah seorang Fisikawan, Kimiawan, Teknisi, Penyair bahasa Arab dan musisi Andalusia. Ia menciptakan alat terbang bersayap seperti burung dan berhasil menerbangkannya di Cordoba, Spanyol.

Ciptaannya ini menjadi konsep pesawat terbang saat ini yang menarik ia terinspirasi dari Surat Al-Mulk Ayat 19, Wow.

3. Al Battani


ilmuwan muslim hebat


Sebagai seorang Ahli Astronomi dan Ahli Matematika, Al Battani cukup berpengaruh di abad pertengahan berkat penemuannya yaitu penentuan Tahun dan Matahari.

Penemuannya sangat akurat, bahkan seorang matematikawan Jerman Christopher Clavius menggunakannya untuk memperbaiki kalender Julian.

4. Abdus Salam


ilmuwan muslim hebat
sumber tipspintar

Seorang Fisikawan asal Pakistan yang kurang dihargai negaranya padahal sudah berkontribusi luar biasa untuk menengembangkan teknologi negaranya.

Ia tidak patah semangat dan akhirnya mendapat penghargaan bergengsi di bidang sains. Tahun 1979 ia mendapatkan penghargaan Nobel atas kontribusinya dalam pengembangan teori. Hal in menjadikannya Orang islam pertama yang mendapatkan penghargaan tersebut.

Nah itulah 4 Ilmuwan muslim hebat yang memiliki andil dalam perkembangan teknologi saat ini. Sebagai seorang muslim kita harus pintar.


Share Artikel