5 Mahakarya Tak Ternilai Hancur Karena Kecerobohan

WowKerenViral ~ Memecahkan barang tanpa sengaja mungkin suatu hal biasa asal bukan barang milik teman atau orang tua dan bukan barang mahal. Kalau seperti itu ya berarti harus bertanggung jawab menggantinya. Apa jadinya Jika barang tersebut adalah barang mahal atau barang berharga apalagi merupakan mahakarya yang tak ternilai harganya.


mahakarya hancur



Berikut ini 5 kejadian hancur atau rusaknya barang berharga, sebuah mahakarya yang tidak ternilai harganya. Hancurnya pun dikarenakan kecerobohan.

1. Seorang anak meninju lukisan seharga Rp20,6 miliar




Taipei tahun 2015 silam mengadakan pameran lukisan mahal yang disumbangkan para kolektor. Lukisan ini berjumlah 55 buah, salah satu lukisan berusia 350 tahun. Pihak panitia terlalu berani dengan mengizinkan pengunjung menyaksikan lebih dekat. Akibatnya lukisan berusia 350 tahun tersebut mengalami kerusakan karena kecerobohan pengunjung. 

Kejadiannya bermula saat seorang anak laki-laki umur 12 tahun berjalan sambil menyaksikan lukisan-lukisan yang dipamerkan. Tepat berada di depan lukisan senilai Rp.20,6 milliar ia tersandung, hilang keseimbangan, refleks ia bertumpu pada lukisan didepannya lukisan karya Porpora.





Sesaat ia beruntung tidak jatuh akan tetapi justru merusak lukisan mahakarya dan berharga itu. Karena kecerobohannya lukisan itu berlubang seukuran kepalan tangannya. Untung saja lukisan tersebut sudah di asuransikan oleh pemiliknya.

Lukisan itupun diperbaiki akan tetapi tetap tidak sama seperti aslinya. Sedangkan anak dan kedua orangtuanya meminta maaf ke penyelenggara. Beruntung tidak diminta ganti rugi Rp.20 Milliar.

2. Piramida berusia 2300 tahun dibongkar demi pembangunan jalan


mahakarya hancur



Salah satu perusahaan konstruksi di Belize membutuhkan batu kapur dalam jumlah yang besar untuk pembangunan jalan. Jika ambil dari tambang membutuhkan waktu untuk sampai lokasi pembangunan jalan. Kebetulan sekali di dekat lokasi proyek ada tumpukkan batu kapur mereka pun memutuskan untuk mengambil batu kapur tersebut.

Tapi ternyata batu kapur itu bukan batu biasa, melainkan kompleks bersejarah piramida Nohmul yang sudah berusia 2300 tahun. Bukannya mengurungkan niatnya perusahaan tersebut malah mengerahkan pasukan ekskavator dan buldozer bongkar piramid itu.




Kejadian ini membuat Kepala Institut Arkeologi Belize terkejut sekaligus heran. Karena kemalasan perusahaan tersebut sehingga menghancurkan situs bersejarah. Beberapa artefak bisa diselamatkan arkelog akan tetapi piramida sudah tidak bisa di perbaiki. Peninggalan bersejarah 2300 tahun lenyap karena kecerobohan.

Perusahaan tersebut dikenakan denda sebesar $24.000 (sekitar Rp.350 juta) oleh pemerintah. Dendanya gak sebanding dengan nilai piramid yang dihancurkan.   

3. Donald Trump menghancurkan relief berharga


mahakarya hancur



Donald Trump seorang pebisnis sukses yang pernah meruntuhkan bangunan bersejarah gedung Bonwit Teller. Kejadiannya terjadi tahun 1980 saat itu Donald Trump sudah jadi pebisnis terkenal. Demi pembangunan Trump Tower ia meruntuhkan bangunan tersebut. Ia tidak ingin pembangunan Trump Tower tertunda karena untuk menyelamatkan Relief berharga membutuhkan waktu dan biaya yang besar.

Donald Trump merubuhkan relief berusia 51 tahun itu tanpa pikir panjang. Melalui juru bicaranya, ia mengatakan relief tersebut sama sekali tidak memiliki nilai seni. 

4. Karena Selfie Seorang pria merusak monumen nasional


mahakarya hancur



Patung bersejarah yang sudah berdiri selama 126 tahun di pintu masuk Stasiun Rossio Lisbon hancur karena kecerobohan seseorang. Patung yang hancur itu adalah patung pahlawan nasional portugal Raja Sebastian, raja abad 16. 

Mei 2016, pria 24 tahun memanjat patung tersebut untuk foto selfie. Na'as patung terguling menghantam lantai dan hancur berkeping-keping. Pria tersebut panik dan langsung kabur, tidak butuh waktu lama polisi berhasil menangkapnya.

5. Pohon terasing mati ditabrak pengemudi mabuk


mahakarya hancur



Pohon Tenere dijuluki pohon terasing karena selama 300 tahun hidup di gurun sahara tanpa ada pohon yang lain. Hanya ada pohon ini sejauh 402 kilometer gurun sahara.

Akar pohon ini sangat dalam sampai 30 meter dibawah pasir sahara itu kenapa pohon ini bisa bertahan hidup sampai ratusan tahun. Pohon ini bahkan bisa terdeteksi pada peta militer Eropa dalam skala 1:4.000.000.

Pohon ini akhirnya mati tahun 1973 karena kejadian memilukan, pohon ini ditabrak truk yang dikendarai sopir yang sedang mabuk. Kok bisa ya, gurun sahara begitu luas kok masih nabrak pohon juga, pohon bersejarah lagi.

Sisa-sisa pohon ini dibawa ke Museum Nasional Niger. Sebagai penghormatan dibuatkan sebuah patung logam sebagai penanda tempat berdirinya pohon tenere.

Nah itulah 5 Mahakarya berharga dan bersejarah yang hancur karena kecerobohan seseorang. Melansir Selipan





  
close
Banner iklan disini