8 Fakta Unik Kucing, Hewan Peliharaan yang Lucu

WowKerenViral ~ Banyak orang yang memelihara kucing karena tergoda kelucuan dan keimutannya. Memelihara kucing tidak mudah harus tau benar cara perawatannya. Mulai dari cara membersihkannya, makanannya sampai pada suntik vaksin agar terhindar dari penyakit. Bagi pecinta kucing hal itu tidak jadi masalah dilakukan karena hobi dan memang sayang terhadap kucing.


fakta unik kucing



meong




Kucing adalah binatang peliharaan yang sudah dikenal sejak zaman dahulu kala bahkan dari jaman firaun di mesir kucing sudah jadi hewan peliharaan.

Seorang pecinta kucing sudah seharusnya tahu dengan kucing yang dipeliharanya mulai dari sifat, perilaku dan kebiasaan mereka. Selain itu perlu juga diketahui fakta-fakta tentang kucing. Berikut fakta unik tentang kucing. 

1. Kucing di dalam sejarah

Anjing sudah dikenal sebagai binatang yang pintar membantu aparat dalam menindak kejahatan. Ternyata kucing juga bisa bekerjasama dengan aparat menjadi mata-mata. Hal ini pernah dijalankan CIA saat era perang dingin, CIA menggunakan kucing untuk memata-matai Uni Soviet.

Seekor kucing menjadi agen rahasia dengan dibekali pemancar radio yang ditanam di kepala dan mik yang dipasang di telinga 

2. Kucing = tukang tidur

Kucing bisa disebut juga si tukang tidur bagaimana tidak, rata-rata seekor kucing bisa menghabiskan 16 jam per hari untuk tidur atau 70% dari hidupnya. Misal kucing tersebut berusia 9 tahun berarti hanya sekitar 3 tahun kucing tersebut terbangun.

Jadi jangan heran jika kucing peliharaan kita sering tidur karena memang wajar seperti itu siklus hidupnya.

3. Membawa bangkai tikus ke rumah

Kucing adalah hewan yang suka berburu dan juga karnivora. Sebagai hewan pemburu ulung biasanya mereka ingin menunjukkan sesuatu kepada tuannya yaitu dengan membawa buruannya (tikus) ke rumah.

4. Kucing versus anjing

Jika dibandingkan kemampuan antara kucing dan anjing maka kucing lebih unggul, diantaranya kemampuan mendengar kucing ternyata lebih baik dari anjing. Kucing juga bisa mengeluarkan 100 macam suara dibanding anjing yang hanya 10 suara.

5. Mereka suka ketinggian

Kucing hebat dan suka dengan ketinggian, tidak heran kadang diatap rumah ada suara langkah kaki kucing yang sedang ngejar tikus. Menurut penelitian kucing bisa mendarat dengan kaki terlebih dahulu walau jatuh dari tempat yang tinggi. Ada yang beanggapan kucing memiliki 9 nyawa, hal ini dikarenakan mereka bisa selamat jatuh dari ketinggian 20 sampai 320 meter. Kucing ahli mengatur posisi dan mengurangi kecepatan saat jatuh.

Anehnya karena kemampuannya ini kucing lebih selamat jika jatuh dari tempat yang tinggi, dari lantai 7 sampai 32 ketimbang lantai 3 sampai 6.

6. Kucing jarang mengeong ke sesamanya

Kucing dewasa jarang mengeong ke kucing dewasa lainnya kecuali anak kucing yang masih membutuhkan perhatian induknya. Ada satu waktu kucing dewasa mengeong ke kucing dewasa lain yaitu waktu musim kawin. 

7. Kenapa kucing punya kumis?

Kucing diciptakan memiliki kumis yang berfungsi untuk mengukur apakah tubuh mereka bisa muat melewati suatu celah atau nggak. Jadi bukan hanya sekedar terlihat fashionable atau maskulin. 


8. Minum Air Laut Bukan Masalah Besar bagi Kucing

Kalau kita minum air laut pasti terasa asin dan tidak enak bahkan bisa menyebabkan dehidrasi. Berbeda dengan kucing, mereka bisa minum air laut tanpa menderita dehidrasi karena garam yang terkandung di air laut bisa disaring ginjal kucing.

Nah itulah 8 fakta unik tentang kucing , hewan peliharaan yang imut dan lucu. selipan