Kecil dan Indah, 10 Negara Terkecil di Dunia

WowKerenViral ~ Negara-negara di dunia ini memiliki luas yang berbeda-beda, ada yang sangat besar, sedang namun ada juga negara terkecil di dunia . Walapun kecil, negara ini memiliki geografis yang indah, sejarah yang panjang dan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.


negara terkecil di dunia



Sebagai negara terkecil di dunia negara ini tetap bisa eksist menjalankan pemerintahan, mengatur masyarakatnya dan membangun ekonomi negaranya. Jika dibandingkan dengan negara-negara besar memang sangat jomplang akan tetapi negara ini tetap bisa menjadi daya tarik dunia dengan keunikannya.

Negara apa saja yang termasuk negara terkecil di dunia, berikut ulasannya : 

Negara Terkecil di Dunia



1. Vatican City State


negara terkecil di dunia



Negara terkecil di dunia pertama yaitu Vatican City State Negara berdaulat terbersih di dunia dengan luas kurang lebih 44 hektar dan penduduk sekitar 1000. Negera terkecil ini bukan berarti kalah dengan negara besar, Vatican City State memiliki sejarah budaya yang panjang dan karya seni yang menarik bagi para wisatawan. 

Diantaranaya Basilika Santo Petrus mahakarya barok, Kapel Sistina yang dilukis dengan megah oleh Michelangelo dan Museum Vatikan yang memiliki koleksi karya seni terkaya di dunia.

2. Monaco


negara terkecil di dunia 02



Negara terkecil di dunia kedua yaitu Monaco, negara bagian di French Riviera ini berukuran lebih dari dua kilometer persegi namun terus bertambah, karena reklamasi tanah. Negara ini termasuk negara yang padat penduduknya. 

Memiliki pemandangan yang menarik mulai dari istana, katedral dan sejumlah tempat wisata yang menyenangkan, Museum Oseanografi yang luar biasa dan kasino serta sirkuit balap mobil.

3. Tuvalu


negara terkecil di dunia 03



Kumpulan tiga pulau yang sepi ini hanya memiliki lahan seluas 26 kilometer persegi. Terletak di tengah-tengah antara Queensland dan Hawaii dan sangat jauh sehingga hanya mendapatkan beberapa ribu turis per tahun. Daerah wisata di negara ini meliputi lingkungan asri, penginapan sederhana, snorkeling di laguna namun tidak ada kapal pesiar.

4. Republik San Marino


negara terkecil di dunia 04



Negara terkecil di dunia selanjutnya ada Republik San Marino yang terletak di utara Italia. Negara berdaulat tertua di dunia dengan luas 61 kilometer persegi. Ibukota eponimnya terdaftar sebagai Warisan Dunia. Berkunjunglah ke Museo di Stato untuk melihat garis besar sejarah masa lalu bangsa.

5. Prinsipalitas Liechtenstein


negara terkecil di dunia 05



Prinsipalitas Liechtenstein adalah negara terkecil di dunia di sisi Austria dan Swiss. Terdapat lembah Rhine dan lingkungan alpine yang indah tidak begitu cocok untuk wisatawan untuk bermain ski, mendaki, atau bersepeda gunung. Kastil Vaduz abad ke-12 bersalju di atas ibu kota adalah pemandangan yang mengejutkan, meskipun tertutup untuk masyarakat umum.

6. Republik Pulau Marshall


negara terkecil di dunia 06



Meskipun tidak memihak Amerika, negara Pasifik ini adalah negara yang terikat dengan AS, Amerika menopang sistem ekonomi dan uang asingnya. Negara ini adalah kiblat scuba-diving, terutama untuk kapal-kapal Perang Dunia II yang tenggelam, bersama dengan pesawat. Negara terkecil di dunia ini merupakan tempat liburan yang ideal untuk menjelajah, bermain layang-layang, dan memancing di laut dalam.

7. Republik Nauru


negara terkecil di dunia 07



Negara terkecil di dunia ini terletak di tepian karang di dalam Samudra Pasifik. Terdapat sisa-sisa Perang Dunia II Jepang yang ketinggalan zaman menghadirkan rasa ingin tahu namun tanpa pantai yang bagus dan sedikit infrastruktur pariwisata, bisa jadi negara mikro ini tidak perlu Anda kunjungi.

8. Federasi St Christopher Dan Nevis


negara terkecil di dunia 08



Negara Karibia secara informal sering dikenal sebagai St Kitts dan Nevis adalah negara terkecil di dunia dan memiliki Ratu Elizabeth II sebagai kepala negara. Tempat-tempat menarik utama adalah pantai-pantai indah yang dilindungi terumbu, gunung berapi aktif yang mirip dengan Gunung Liamuiga dan Gunung Nevis, hutan hujan terjal, kota-kota era kolonial dan Benteng Bukit Brimstone yang mewah.

9. Republik Maladewa


negara terkecil di dunia 09



Negara ini terkenal untuk snorkelling dan scuba diving, pantai pasir putih yang mempesona dan resort mewah. Negara terkecil di dunia ini terletak di Asia yang terdiri dari pulau-pulau yang tersebar di seluruh wilayah Samudra Hindia yang luas.

10. Republik Malta


negara terkecil di dunia 10



Negara terkecil di dunia ini memiliki dua pulau terpenting (Malta dan Gozo) ditambah sejumlah pulau lainnya, yang dipengaruhi oleh dominasi selama berabad-abad oleh kekuatan Mediterania. Meskipun kecil, ia memiliki tiga situs Warisan Dunia, beberapa dari masa lalu sejarah terpanjang di Eropa (bersama dengan kuil megalitik yang berusia 3150 SM) dan struktur mewah, yang berpuncak pada ibu kota era Renaisans yang dibentengi, Valletta.

Nah itulah 10 negara terkecil di dunia dibandingkan dengan negara-negara lainnya di dunia. Negara ini tentunya bisa di kunjungi sebagai tempats wisata yang menarik.