5 Tips Hadapi Pelecehan Seksual

WowKerenViral ~ Dunia semakin tidak baik-baik saja, semakin banyak orang yang melakukan tindak kejahatan dan semakin banyak korbannya. Salah satu tindak kejahatan yang marak terjadi yaitu pelecehan seksual. Kasus ini terjadi tidak hanya pada wanita dewasa saja, wanita remaja dan anak-anak bahkan terhadap kaum lelaki.



pelecehan seksual



Pelaku pelecehan seksual pintar, mereka memanfaatkan kelemahan orang lain dan situasi saat itu, tidak jarang mereka mengancam korban untuk melakukan yang mereka inginkan. Oleh karena itu anda harus bisa mengenali dan menghadapi trik-trik dari para pelaku pelecehan seksual ini. Agar bisa sesegera mungkin menghindar.

Tips menghadapi pelaku pelecehan seksual


Pelaku pelecehan seksual biasanya memengaruhi secara psikologis memakai trik-trik sehingga membuat anda menuruti keinginannya. Korbannya bisa pria dan wanita.

Berikut tips yang bisa dilakukan untuk menghadapinya:

1. Menolak semua permintaan yang tidak biasa

Biasanya para pelaku pelecehan seksual memakai trik door in the face yaitu meminta hal yang besar dengan tujuan korban menolaknya. Seperti pergi berduaan, berhubungan seks.

Harapannya akan muncul rasa bersalah dalam diri korban, tidak enak hati pada pelaku, apalagi orang yang dikenal. Dengan begitu pelaku pelecehan seksual bisa memanfaatkan korban dengan cara lain yang lebih ringan, menggenggam atau cium tangan.

Tips hadapi trik ini :

Cara hadapi trik ini yaitu dengan cepat menolak semua permintaan "aneh" dari pelaku, jangan pikir panjang karena akan menimbulkan rasa bersalah yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku pelecehan seksual untuk menjalankan trik berikutnya.

2. Melawan intimidasi dari pelaku

Trik ini digunakan pelaku untuk menekan kondisi emosional korban agar menurut. Intimidasi bisa dengan amarah, kekerasan, mengancam mengakhiri hubungan jika pelaku pelecehan seksual adalah pasangan anda.

Tips hadapi trik ini :

Sikap tegas adalah cara menghadapai trik ini, minta bantuan pada orang sekitar, lawan intimidasinya. Jika pelaku pelecehan seksual mengelak malah berbalik menuduh tanpa bukti, tegas dan jangan takut bantah tuduhan tersebut.

Melatih ketegasan diri, minta dukungan orang sekitar yang dipercaya. Dukungan orang sekitar bisa meningkatkan rasa percaya diri tidak mudah diintimidasi.

3. Membekali diri dengan pendidikan seksual

Trik berikutnya yang dijalankan pelaku pelecehan seksual yaitu meyakinkan korban semua perbuatannya wajar. Jika korban melawan, pelaku akan berkata “Ah, sama yang lain begini juga nggak masalah!” .

Bagi yang tidak memiliki pendidikan seksual yang baik akan terjebak dalam situasi memaklumi perbuatan pelaku tanpa sadar ia adalah korban pelecehan seksual.

Tips hadapi trik ini :

Bekali diri dengan pendidikan seksual seperti bagian tubuh pribadi, aktivitas seks yang harus didasari persetujuan, dan berbagai macam perilaku pelecehan seksual. Beri pemahaman untuk anak atau kerabat yang masih kecil akan pendidikan seksual agar sedini mungkin bisa mengerti.

4. Menghindari tempat atau kondisi yang berbahaya

Trik lain yaitu berpura-pura jadi pahlawan, terlihat baik, ingin menolong sehingga korban mau mengikuti pelaku. Disaat berada didaerah yang menurut pelaku aman, ia akan menjalankan aksinya.

Bahkan yang lebih ekstrim pelaku langsung menyergap korban. Korban yang seorang diri sulit untuk melawan.

Tips hadapi trik ini :

Jangan lengah dengan segala permintaan pelaku, walau itu untuk membantu dan ia adalah seorang teman, tetap harus waspada. 

jauhi tempat-tempat yang dirasa berpotensi tindak kejahatan, segera beralih ketempat ramai jika merasa diikuti orang.

5. Menolak segala bentuk iming-iming dari pelaku

Iming-iming adalah satu trik yang sering digunakan pelaku pelecehan seksual. Iming-iming bisa berupa uang, jabatan atau hubungan. Korban yang tergiur iming-iming biasanya berharap setelah memperoleh sesuatu yang dijanjikan maka akan selesai pelecehan tersebut, ternyata tidak.

Tips hadapi trik ini :

Seperti tips hadapi trik door in the face, segera tolak iming-iming yang dijanjikan pelaku. Yakinkan diri buat apa menerima iming-iming terserbut karena tidak ada manfaatnya. Perlu diingat seseorang yang memberikan sesuatu yang besar biasanya punya maksud dibalik itu.

Nah itulah 5 tips yang bisa digunakan untuk menghadapi trik pelaku pelecehan seksual. Jangan ragu menolak sesuatu yang dirasa aneh dan segera minta bantuan dari orang-orang yang dipercaya. Lansir hellosehat.