Julukan Presiden RI dari Presiden Pertama

WowKerenViral ~ Melalui unggahannya di akun media sosial Twitter, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) membeberkan julukan yang disematkan kepada enam Presiden Republik Indonesia.


julukan presiden RI



Julukan disematkan kepada presiden yang telah selesai menjabat. Julukan tersebut  berdasarkan versi Museum Kepresidenan RI, ujar Setneg.

Berikut julukan Presiden dari Soekarno hingga Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang diunggah di akun twitter Setneg:

1. Ir Sukarno, Bapak Proklamasi

Julukannya Bapak Proklamator karena beliau tokoh yang membacakan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945.

2. Soeharto, Bapak Pembangunan

Julukannya Bapak Pembangunan dikarenakan Soeharto merupakan tokoh yang memprakarsai program pembangunan ekonomi (Repelita) pada masa jabatannya.

3. BJ Habibie, Bapak Teknologi

Julukannya Bapak Teknologi karena Presiden BJ Habibie lantaran terkenal dengan kecerdasannya di bidang teknologi dan industri penerbangan

4. Abdurrahman Wahid, Bapak Pluralisme

Julukannya Bapak Pluralisme karena telah memberikan gagasan-gagasan yang universal mengenai pentingnya menghormati perbedaan sebagai bangsa yang beragam.

5. Megawati Soekarnoputri, Ibu Penegak Konstitusi

Julukannya Ibu Penegak Konstitusi karena Megawati dinilai berjasa dalam mencetuskan berdirinya KPK dan menyiapkan sistem pemilu pertama kali.

6. Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Bapak Perdamaian

Julukannya Bapak Perdamaian karena selama menjabat sebagai presiden, Indonesia banyak berpartisipasi dalam misi perdamaian, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Nah itulah julukan dari presiden terdahulu.

sumber : cnnindonesia

close
Banner iklan disini