5 Perubahan Warna Kuku yang Bisa Jadi Sinyal atau Tanda Penyakit

WowKerenViral ~ Kuku bagian tubuh manusia yang jarang diperhatikan, mungkin hanya pada saat kuku itu terlihat panjang baru diperhatikan atau dirawat dengan cara dipotong agar lebih rapi dan lebih bersih dan sehat.





Kuku bagi kaum adam tidak begitu penting namun bagi kaum hawa kuku adalah bagian tubuh yang harus dijaga keindahannya, sangking ingin terlihat indah kuku wanita sering berubah warna karena diwarnai menggunakan pewarna kuku.

Namun tahukah anda bahwa hanya dengan melihat kuku kita bisa tahu apakah kita sedang sakit. Caranya dengan melihat perubahan warna pada kuku kita, jadi.. untuk kaum hawa jangan sering-sering menggunakan pewarna kuku ya nanti tidak ketahuan kalau kita sebenarnya sedang sakit.

Dilansir 7toprangking, berikut 5 perubahan warna kuku yang bisa jadi sinyal atau tanda penyakit

1. Kuku Menjadi Pucat

Kuku tery adalah perubahan warna kuku dengan pinggiran warna lebih gelap dibanding bagian tengah yang berwarna putih. Warna kuku seperti ini dicurigai menjadi tanda penyakit hati disebut sirosis. Namun jangan stress dulu ya jika kuku anda berwarna seperti ini, sebab kebanyakan orang dengan perubahan warna kuku seperti ini dinyatakan sehat.

2. Kuku Berwarna Putih

Jika warna kuku anda sejak lahir berwarna putih maka itu wajar-wajar saja. Namun jika sebelumnya tidak berwarna putih dan tiba-tiba saja berubah warna menjadi warna putih, maka sebaiknya anda segera periksa kesehatan anda. Warna kuku putih secara tiba-tiba kemungkinan besar tanda penyakit sirosis, gagal ginjal kronis, gagal jantung, diabetes mellitus.

3. Kuku Berwarna Kuning

"Sindrom Kuku Kuning", ini sebutan untuk perubahan warna kuning kuku, penderita penyakit paru-paru serius dan limfedema (pembengkakan pada ekstremitas) yang sering mengalaminya. Namun begitu tidak semua mengalami penyakit seperti diatas.

4. Kuku Berwarna Kebiruan

Perubahan kuku berwarna kebiruan biasa disebut sianosis dasar kuku, merupakan tanda darah kekurangan oksigen atau hemoglobin yang tidak teroksigenasi dengan lebih akurat, yaitu oksigen yang membawa protein dalam sel darah merah.

5. Lipatan Kuku Bengkak

Kulit ditepian kuku bisa rusak oleh banyak hal, bisa karena terlalu dalam membersihkannya sehinga terjadi luka. Namun jika kulit tepian kuku rusak sehingga terjadi pembengkakan dan terus membesar, maka bisa dikarenakan kapiler rusak akibat penyakit pembuluh darah kolagen.




0 Response to "5 Perubahan Warna Kuku yang Bisa Jadi Sinyal atau Tanda Penyakit"

Posting Komentar