6 Negara yang Menjajah Indonesia, Tercatat Dalam Sejarah

WowKerenViral ~ Sejarah perjuangan bangsa kita Indonesia sangat panjang, para pejuang membela tanah air kita dengan Darah dan Nyawa. Banyak Negara yang Menjajah Indonesia. Jadi jangan sia-siakan perjuangan PARA PEJUANG dengan terus berjuang membangun bangsa kita serta hidup rukun dan damai.


Negara yang menjajah Indonesia


Sejarah pernah mencatat bangsa kita Indonesia di jajah oleh Belanda dan Jepang yang rata-rata masyarakat kita tahu sekarang ini.

Namun ternyata Negara kita ini sebelum namanya menjadi Indonesia tahun 1850, ada 6 Negara yang Menjajah Indonesia

Negara mana saja yang tercatat pernah menjajah Indonesia, terlepas waktu itu belum bernama Indonesia masih bernama Hindia, Nusantara dan lain sebagainya.

Ini Negara yang Menjajah Indonesia


1. Portugal (1509 - 1595)



Negara yang menjajah Indonesia


Negara yang Menjajah Indonesia pertama adalah Portugal. Negara di eropa barat yang berbatasan langsung dengan Spanyol ini mulai menjajah Indonesia di tahun 1509. Tokoh pentingnya saat itu Alfonso de Albuquerque. Portugal datang ke Maluku dan kabarnya pernah melanggar aturan Raja Maluku dengan memonopoli secara tidak sehat.

Portugal juga berniat menjajah seluruh Nusantara Hingga akhirnya di kalahkan Belanda pada tahun 1602 dan kolonilasasi Portugal pun berakhir.


2. Spanyol (1521 - 1692)



Negara yang menjajah Indonesia


Negara yang Menjajah Indonesia kedua adalah Spanyol. Negara tetangga Portugal ini menjajah Indonesia dari tahun 1521. Spanyol menjajah Indonesia untuk mendapatkan hasil rempah-rempah terbaik, dan mereka bersaing dengan Portugal kala itu.

Spanyol berkoalisi dengan kerajaan Tidore untuk melawan kerajaan Ternate yang bersekutu dengan Portugal. Tetapi akhirnya dideklarasikan perjanjian Saragosa pada tahun 1583. Dalam perjanjian itu Spanyol memperoleh wilayah Philipina dan Portugal mendapatkan Kepulauan Maluku.

Spanyol juga pernah menjajah Indonesia di wilayah Minahasa Sulawesi Utara pada tahun 1617. Spanyol diusir dari Minahasa pada tahun 1646, dan akhirnya pada tahun 1692 Spanyol berhasil sepenuhnya diusir dari Sulawesi Utara.


3. Belanda (1602 - 1942)



negara yang menjajah indonesia


Negara yang menjajah Indonesia selanjutnya Belanda, mereka menjajah Indonesia mulai tahun 1602 sampai 1948 kurang lebih 346 tahun, waktu yang sangat lama. Pada tahun 1602 Belanda sudah menguasai wilayah Indonesia seperti Pulau Jawa, Sulawesi, Sumatera dan Papua. Tujuannya sama dengan penjajah sebelumnya ingin menguasai rempeh-rempah.

Belanda mendirikan kongsi dagang yang disebut VOC (Verenigde Oostindische Compagnie). Tetapi tahun 1799 VOC dibubarkan tanpa alasan yang jelas.


4. Perancis (1806 - 1811)


Negara yang menjajah Indonesia



Perancis ikut menjadi negara yang menjajah Indonesia tahun 1806, saat itu Belanda sedang dilanda krisis VOC sehingga kalah oleh perancis dan beberapa Wilayah kolonilisasinya pindah ke tangan negara Prancis. Bahkan Raja Perancis mengirim Marsekal Willem Daendels untuk jadi Gubernur di Indonesia tahun 1808.

Tahun 1811 negara Perancis kalah dari negara Inggris dan akhirnya memberikan kekuasaan wilayah Jawa kepada negara Inggris.


5. Inggris (1811 - 1816)



Negara yang menjajah Indonesia



Inggris menjajah Indonesia di wilayah Pulau Jawa di bawah pimpinan Stamford Raffles pada tahun 1811. Inggris sedikit membawa perubahan saat itu dengan menghapus monopoli dan perbudakan. Tetapi karena terjadi konflik antara Inggris dan Belanda, maka dibentuk perjanjian bahwa Belanda kembali menguasai wilayah Jawa tahun 1816.


6. Jepang (1942 - 1945)



Negara yang menjajah Indonesia


Jepang masuk Indonesia tahun 1942 dengan tujuan awal membantu kemerdekaan Indonesia. Namun ternyata Jepang membuat organisasi militer dengan tujuan melawan Amerika Serikat. Tepat pada tahun 1945 Hiroshima dan Nagasaki dijatuhkan Bom Atom oleh Amerika dan Sekutunya. Sehingga Jepang memberikan kemerdekaannya untuk Indonesia. Merdeka!!!

Nah itulah 6 Negara yang menjajah Indonesia dilansir dari tipspintar, jangan patah semangat berjuang untuk negara seperti para Pahlawan.


Share Artikel