4 Kebakaran Besar Yang Mengubah Sejarah

WowKerenViral ~ Kebakaran merupakan peristiwa yang memilukan dan banyak terjadi di dunia ini. Peristiwa ini bisa berdampak bagi mereka yang mengalami. Selain itu bisa menjadi sebab reformasi dari segi pembangunan serta terjadi perubahan pola populasi, infrastruktur, dan sejarah dunia. 

Tidak terhitung lagi peristiwa kebakaran yang terjadi, mulai dari pemukiman kecil sampai perkotaan dan bahkan hutan-hutan juga mengalami peristiwa ini. Namun begitu ada peristiwa kebakaran yang akhirnya membuat perubahan di daerah tersebut. Berikut 4 kebakaran yang merubah sejarah.

kebakaran besar



Kebakaran Perpustakaan Alexandria

Perpustakaan ini adalah tempat bersejarah, banyak tersimpan pengetahuan dunia kuno, jutaan gulungan dari Asyur, Yunani, Persia, Mesir dan India tersimpan disini. Banyak sarjana dari seluruh dunia ke sana untuk belajar dan bekerja termasuk Euclid dan Ptolemeus. 

Perpustakaan ini dijuluki The Library of Alexandria merupakan bagian dari The Mouseion (“Temple to the Muses”) di Alexandria. Dibangun oleh pemerintahan Ptolemeus I Soter jenderal Alexeander Agung pendiri Ptolemeus Mesir tahun 283 SM.

Banyak kontroversi terkait kehancuran perpustakaan ini, ada yang mengatakan Julius Caesar memulai kobaran api saat mencoba merebut kendali kota pada 48 SM. Namun ada juga menyebutkan The Library of Alexandria sengaja dihancurkan oleh Theophilus, uskup dari Aleksandria, dan pengikut Kristennya, yang kemudian membangun sebuah gereja di situs tersebut.

Dengan kebakaran besar itu hilanglah gulungan-gulungan yang berisi pengetahuan kuno. Kejadian ini bahkan diabadikan oleh penulis drama dari William Shakespeare. 

Kebakaran Besar London

Kebakaran hebat pernah melanda kota London saat masa pandemi Wabah Hitam yang menghancurkan lebih dari 13.000 rumah dan menyebabkan 100.000 orang kehilangan rumah mereka. Kejadian ini terjadi tanggal 2 September - 6 September 1666 yang menghancurkan sebagian besar kota serta bangunan ikonik Katedral St. Paul.

Butuh waktu lebih dari 30 tahun untuk membangun kembali kota London, akan tetapi pembangunan ini menghasilkan kota yang lebih bagus lagi berkat Sir Christopher Wren yang merancang penataan kota London. Kebakaran ini memunculkan dua industri baru, asuransi properti modern dan pemadam kebakaran.

Kebakaran Besar New York

Hampir sama dengan kota London, kebakaran besar terjadi di New York City tahun 1835 saat adanya epidemi kolera. Peristiwa ini terjadi tanggal 16 Desember 1835 malam hari. Sebuah gudan di pusat kota terbakarm, karena angin bertiup kencang, kobaran api menyebar sampai 17 blok kota membakar sebagian East River yang membeku.

Saat terjadi peristiwa tersebut pasokan air kota tidak mencukupi sehingga sulit untuk memperlambat api. Populasi kota New York tahun itu sudah berkembang pesat berkat perdagangan di sepanjang Kanal Erie.

Dari peristiwa itu terjadi inovasi pembangunan Saluran Air Puring pada Mei 1837. Saluran air ini menghasilkan 12 juta galon sehari lebih dari cukup untuk kebutuhan pemadam kebakaran dan air bersih bagi pemilik rumah dan bisnis.

Kebakaran Besar Chicago

Kebakaran yang terjadi tanggal 8 Oktober-10 Oktober 1871 ini menghancurkan 90.000 bangunan dan menewaskan 300 orang. Setelah peristiwa ini Chicago menjadi pusat bisnis baru yang kuat. Lebih dari $10 juta telah disumbangkan ke komunitas dan banyak investasi modal.

Nah itu 4 kebakaran besar yang mengubah sejarah, dilansir dari Male.

Share Artikel