Macam Macam Phobia, Ada Phobia Takut Tidur Waduh Gimana Kalo Gak Tidur

WowKerenViral ~ Macam macam phobia yang umum diketahui antara lain: phobia ketinggian, phobia darah, phobia, phobia kucing. Namun ternyata phobia atau rasa takut yang berlebihan ini banyak macamnya. Phobia muncul karena adanya trauma atau pengalaman pribadi yang membuat orang tersebut merasa ketakutan.

Macam macam phobia ini berbeda dari yang umum diketahui, benar-benar tidak masuk akal, dan bahkan mungkin tampak lucu bagi orang lain. Berikut 9 phobia aneh yang jarang diketahui.


macam macam phobia

Macam Macam Phobia


9. Panphobia / Panophobia / Pantophobia / Omniphobia

Phobia ini tidak terdaftar dalam referensi medis sebagai jenis phobia. Nama phobia ini diciptakan oleh Theodule-Armand Ribot, phobia ini didefisinikan keadaan di mana orang tersebut tidak takut pada hal tertentu, akan tetapi ketakutannya melayang dari satu objek ke objek lain, berdasarkan keadaan. Bisa dikatakan takut akan segala hal, seperti keadaan cemas sepanjang waktu.

8. Somniphobia / Hypnophobia / Clinophobia

Somniphobia yaitu keadaan takut tidur, Ketakutan irasional dan berlebihan berupa ketakutan kehilangan kendali, atau kehilangan waktu. Penyebabnya bisa juga karena mipi buruk yang berulang. Phobia ini bisa menyebabkan efek mental dan fisik yang parah.

7. Euphobia

Normalnya setiap orang akan takut mendengar kabar buruk, baik itu melalui telepon, via social media atau dari media apapun. Akan tetapi tidak begitu dengan penderita Euphobia, mereka akan takut mendengar kabar baik. Euphobia bisa dipicu karena pengalaman mendengarkan kabar baik akan tetapi tidak sesuai dengan yang diharapkan. Bisa juga berkembang dalam aspek kehidupan yang kacau dan negatif. Sehingga mereka akan merasa cemas dan kecewa dengan kabar baik. Mungkin kalo bahasa gampangnya sifat iri dengki kali ya, he he.

6. Ablutophobia

Ablutophobia adalah ketakutan irasional untuk mencuci, membersihkan atau mandi. Ketakutan ini mungkin timbul karena trauma masa lalu, ketidakstabilan emosional, atau pengalaman. kalau gak mandi-mandi wah bisa bau dong.

5. Ortographobia

Phobia ini adalah perasaan takut jika salah mengerjakan sesuatu, lebih cenderung keterampilan komunikasi tertulis yang buruk. Phobia ini mmebuat orang tersebut sulit mendapatkan nilai yang terbaik dalam makalah teori, seperti ujian tertulis.

4. Deipnophobia

Deipnophobia adalah phobia terlibat percakapan selama waktu makan malam bersama keluarga atau orang-orang terdekat. Orang-orang seperti ini akan menjadi pemalu, kurangnya antusiasme untuk bercengkrama. Hal ini bisa dipicu pengalaman memalukan saat makan bersama keluarga.

3. Venustraphobia / Caligynephobia

Phobia ini sungguh tidak menguntungkan bagi pria, bagaimana tidak Venustraphobia adalah phobia jika bertemu wanita cantik, berpapasan wanita cantik. Para Venustraphobia akan cenderung mengalami telapak tangan berkeringat, lidah seperti terkunci tidak bisa berucap dan melarikan diri ke arah yang berlawanan. 

2. Ergophobia

Ergophobia adalah rasa takut yang terus-menerus untuk bekerja atau mencari pekerjaan. Ini bisa timbul karena kecemasan kinerja atau phobia sosial. Meskipun kadang-kadang, penderita sendiri menyadari bahwa ketakutan itu tidak rasional.

1. Nomofobia

Istilah ini adalah singkatan dari 'no -mobile-phone phobia,' diciptakan pada tahun 2010. Banyak orang cenderung menjadi cemas jika mereka kehilangan atau lupa ponsel mereka, kehabisan baterai, atau tidak memiliki jangkauan jaringan. Alasannya bisa banyak: kehilangan panggilan penting, ketidakmampuan untuk mencari bantuan selama keadaan darurat, berada di luar jangkauan, dll.

Nah itulah macam macam phobia yang jarang diketahui, semoga kita tidak mengalami phobia apapun karena bisa menyulitkan kita dalam beraktivitas. 

Share Artikel