Wow Sungguh Menakjubkan!, 6 Fakta Tentang Mata Manusia Yang Belum Kita Ketahui

WowKerenViral ~ Beruntunglah kita yang masih punya indra penglihatan, dengan mata kita bisa melihat keindahan dunia dan beraktivitas seperti sedia kala jadi kita harus bersyukur atas karunia yang Maha Kuasa.


6 fakta mata manusia


Mata merupakan organ tubuh manusia yang sangat kompleks, kemampuan mata untuk menangkap gambar lebih canggih dari kamera-kamera yang ada. Dengan sangat kompleks tersebut sampai saat penelitian tentang masih terus dilakukan. 

Berikut 6 fakta menakjubkan tentang mata manusia.


1. Mata kita memandang Sesuatu Dengan Terbalik. 



6 fakta mata manusia



Semua yang kita lihat merupakan cahaya yang di pantulkan oleh objek yang kita lihat. Tetapi karena kornea depan mata kita melengkung sehingga membelokkan cahaya saat masuk ke mata. Dan ketika cahaya mencapai retina di belakang mata, gambar menjadi terbalik. Nah otak kitalah yang membalik gambar sehingga kita bisa melihat dengan sempurna.


2. Mata kita dipenuhi dengan Jelly! 



6 fakta mata manusia


Ternyata mata manusia memiliki kandungan cairan seperti jelly yang disebut vitreous humour. Kandungan ini sebanyak 80% di mata kita, cairan ini penting sekali karena berfungsi menjaga kesehatan mata. Dan juga mengisi ruang antara lensa dan retina mata kita.

Apa sich Vitreous Humour ?, Vitreous Humor adalah Cairan seperti jellly yang mengandung 99% air dan 1% protein, garam, gula, dan kolagen.

Fungsi lainnya yaitu menjaga bentuk mata, melindungi retina yang sangat rapuh di bagian belakang mata.


3. Setiap orang memiliki titik buta 



6 fakta mata manusia


Setiap mata manusia memiliki titik buta yaitu area kecil di bagian visual mata. Di mana saraf optik ada dan pembuluh darahnya masuk, ini menyebabkan titik buta. Sampai saat ini masih belum jelas penelitian para ahli, kenapa kita tidak bisa melihat titik buta ini.


4. Mata bisa melihat 10 juta warna berbeda. 



6 fakta mata manusia


Wow!! 10 juta warna berbeda bisa di tangkap oleh mata kita. Dan memang dari banyak penelitian menyebutkan seperti itu bahwa mata kita sanggup melihat 10 juta warna berbeda. Sekumpulan warna dalam spektrum cahaya yang terdiri dari kombinasi merah, hijau dan biru, semuanya bisa terlihat oleh mata.

Beberapa berpendapat bahwa warna yang masuk ke mata hanyalah cahaya namun peran otak yang mendeskripsikan warna objek, warna latar belakang, tingkat cahaya dan lingkunagn sekitar untuk membentuk warna yang di lihat oleh mata.


5. Mata kita bisa terbakar matahari!


6 fakta mata manusia


Bukan kulit manusia saja yang bisa terbakar matahari jika tepapar matahari langsung, mata manusia juga bisa terbakar matahari. Mata yang terbakar sinar matahari akan membuat penglihatan buram, mata penuh dengan air mata dan sensitif terhadap cahaya. Efeknya bisa berlangsung lama setelah terjadi paparan langsung dengan sinar matahari. Maka dari itu selalu lindungi mata anda dengan kacamata hitam.


6. Mata merah di foto adalah pembuluh darah Mata



6 fakta mata manusia


Pastinya tahu dengan red eye yaitu hasil photo yang pada bagian mata terlihat merah. Nah hal ini disebabkan pada saat lampu blitz kamera menyala cahaya yang dipantulkan menerangi pembuluh darah di bagian belakang mata sehingga menghasilkan warna merah di foto.

Nah itulah 6 fakta menakjubkan tentang mata kita yang dilansir dari brainberries. Selalu dijaga ya kesehatan mata kita, karena merupakan anugerah yang tak ternilai.


Share Artikel