5 Tragedi Mengerikan Sepakbola

WowKerenViral ~ Sepakbola, Olahraga yang paling banyak peminatnya. Begitu banyak suppoter sepakbola yang mendukung klub favoritnya. Dan begitu banyak menyita perhatian jika ada event akbar seperti piala dunia atau liga champion, liga khusus bagi para juara di kompetisi lokal negara-negara eropa.


Tetapi tidak selamanya sebuah perhelatan sepakbola berakhir dengan aman dan senang. Banyak juga pertandingan sepakbola yang berakhir dengan tragedi mengerikan. Berikut 5 tragedi mengerikan yang terjadi dipertandingan sepakbola.

1. Peru 1964

Suporter peru marah besar atas keputusan wasit yang menganulir goal ke gawang Argentina, hal tersebut memancing keributan di kubu suporter tuan rumah. Tragedi kelam ini terjadi di National Stadium Kota Lima, Peru pada 24 Mei 1964. Total 318 orang meninggal dan 500 orang luka parah. Kejadian ini merupakan sejarah kelam dalam dunia sepakbola dan olahraga.



2. Ghana 2001

Pertandingan antara tim Oak melawan tim Asante pada 9 Mei 2001 di stadion Accra Sports, Accra, Ghana ricuh. Lima menit sebelum bubaran tim Oak memimpin dengan skor 2 - 1, saat itu para fans di tribun mulai melempari botol dan kursi ke lapangan.

Kemudian polisi menembaki dengan gas air mata, suporter yang panik berhamburan keluar stadion, Karena desak-desakan ini akhirnya 126 orang meninggal dan melukai 70 ribu orang.



3. Hillsborough 1989

Tragedi yang tercatat dalam sejarah liverpool, yang mana tragedi ini mengakibatkan 96 fans Liverpool meninggal dan melukai 766 orang suporter lainnya. kejadian ini terjadi pada 15 April 1989 tepat sebelum pertandingan final piala FA antara Liverpool melawan Sheffield.

Pertandingan ini di helat di Hillsborough Stadium karena tidak mampu menampung banyaknya penonton terjadilah desak-desakan yang mematikan.



4. Katmandu 1988

Pada tanggal 12 Maret 1988 terjadi badai salju besar tepat pada saat pertandingan antara timnas Nepal melawan timnas Banglades di National Stadium, Katmandu, Nepal. Penonton pun berhamburan ke pintu-pintu keluar untuk menghindari butiran es yang jatuh. Tapi sayang dari 8 pintu keluar hanya 1 yang bisa terbuka. Bisa dibayangkan ribuan suporter keluar dari 1 pintu terjadilah desak-desakan dan akhirnya 93 orang meninggal terjebak saat berebut keluar.



5. Guatemala 1996

Lagi-lagi karena melebihi kapasitas stadion, seperti juga yang terjadi di stadion Mateo Flores National Stadium, Guatemala City. Pertandingan timnas Guatemala melawan timnas Costa Rica yang berlangsung pada 16 Oktober 1996 silam harus menelan korban jiwa. Begitu padatnya stadion karena banyak penonton yang masuk menggunakan tiket palsu dari calo berakibat 80 orang meninggal dan 180 orang lainnya luka-luka.


Nah, itulah 5 tragedi mengerikan di pertandingan sepakbola yang dilansir dari jalantikus. Semoga jadi pelajaran bagi siapa saja yang fans dengan olahraga ini agar tetap berhati-hati mendukung tim kesayangan, utamakan keselamatan.

0 Response to "5 Tragedi Mengerikan Sepakbola"

Posting Komentar