6 Khasiat Kentang Ungu Bagi Kesehatan

WowKerenViral ~ Kentang ungu atau ubi ungu kerap menjadi bahan makanan alternatif yang memiliki kandungan karbohidrat rendah. Selain sebagai makanan pengganti ternyata khasiat kentang ini banyak dan juga banyak manfaat lainnya.

khasiat kentang ungu


Kentang ungu ini biasa disajikan dengan cara direbus, dikukus dan digoreng. Namun dianjurkan direbus atau dikukus karena lebih sehat.

Kandungan vitamin didalam kentang ungu ini banyak sekali mulai dari kandungan antosianin, antioksidan, potasium, vitamin B. Bahkan kandungan antioksidannya 4 kali lebih tinggi dari kentang biasa.

Lantas apa saja khasiat kentang ungu ini bagi kesehatan? Berikut beberapa manfaat kentang ungu yang dilansir dari laman Boldsky.

6 Khasiat Kentang Ungu Bagi Kesehatan


Mengendalikan tekanan darah

Konsunsi kentang ungu membantu menurunkan tekanan darah berdasarkan American Chemical Society. Hal ini dikarenakan adanya phytochemical yang bernama cholorgenic acid.

Menurunkan efek stres oksidatif

Kandungan antioksidan polifenol yang disebut antosianin dalam kentang ungu mampu melindungi sel dari stres oksidatif. Stres ini bisa menyebabkan peradangan kronis kanker, sampai infertilitas pria

Mencegah pembekuan darah

Sebuah penelitian menemukan asam klorogenik bisa menunda akumulasi penggumpalan darah yang bermuara pada penyakit stroke.

Menurunkan risiko kanker

Senyawa aktif dalam Kentang ungu juga bisa menurunkan risiko kanker, termasuk kanker payudara dan kanker usus.

Mencegah sembelit

Kandungan serat yang tinggi dalam kentang ungu mencegah kram pada perut, mual, dan kembung juga sembelit.

Meningkatkan kesehatan jantung

Kandungan antosianin dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan kardiovaskular.

Tetapi ada satu kandungan dalam kentang ungu yang perlu diperhatikan karena bisa meningkatkan ririko diabetes, jantung dan obesitas yaitu kandungan pati.

Maka dari itu konsumsi kentang ungu dalam jumlah sedang, sehingga khasiat kentang ini akan jadi makanan tambahan yang sehat dan bernutrisi bagi anda yang menjalankan program diet juga.

Share Artikel