Kenapa Buah Bisa Cepat Matang Jika Dimasukkan Dalam Kantong Kertas?

WowKerenViral ~ Semua orang pasti ingin buah yang dimilikinya cepat matang agar bisa segera di konsumsi. Banyak cara yang dilakukan agar buah bisa cepat matang salah satunya dengan membungkusnya dengan kantong kertas. Nah yang jadi pertanyaan kenapa buah bisa cepat matang jika ditaruh dalam kantong kertas?.

matangkan buah dengan kantong kertas


Saat buah dipetik atau saat sudah memasuki proses pematangan, buah akan melepaskan gas etilen. Gas ini menyebabkan sel-sel dalam buah membuat perubahan proses pematangan. Gas etilen ini yang berfungsi agar buah bisa cepat matang.

Kantong kertas sangat baik menahan gas etilen buah sehingga tidak keluar. Dengan terperangkapnya gas etilen ini akan mempercepat proses pematangan buah, itu kenapa kantong kertas yang digunakan untuk mempercepat proses pematangan buah.

Perlu diperhatikan juga jangan terlalu rapat menutup buah dengan kantong kertas atau kantong plastik karena bisa menyebabkan buah menjadi lembab dan muncul jamur yang akan merusak buah.

Sebenarnya agar lebih cepat matang buah yang dimasukkan ke kantong kertas bisa dibantu dengan memasukan sebuah apel atau pisang yang telah masak, karena buah apel dan pisang lebih banyak menghasilkan gas etilen dibandingkan dengan buah yang lain.

Nah itulah alasannya kenapa buah bisa cepat matang jika dimasukkan kedalam kantong kertas.

Share Artikel