Ternyata Begini Asal-Usul Terciptanya Kata Sakral 'MAYDAY'

WowKerenViral ~ Frederick Stanley Mockford seorang petugas radio senior di Bandara Croydon London, Inggris mendapatkan tugas yang di luar dugaan. Saat itu tahun 1923, ia di tugasi mencari kata yang mudah diucapkan oleh semua pilot saat keadaan darurat. Kata ini juga harus mudah ditangkap dan dimengerti oleh semua petugas di darat.

mayday


Pada tahun itu radio memang sedang booming, sering digunakan. Sehingga muncul gagasan mencari kata peringatan sebagai pengganti kode morse SOS. Stanley sampai pusing tujuh keliling mencari kata apa yang cocok untuk tanda bahaya.

Kala itu ahli bahasa tidak menganjurkan kata help yang sudah sangat lumrah dipakai sehari-hari dan bukan pada saat darurat saja. Dibutuhkan istilah lain di dunia penerbangan. Stanley terus berpikir keras, saat bekerja pun ia berpikir untuk menemukan kata tersebut. Pada saat mengatur lalu lintas penerbangan antara Croydon dengan bandara Le Bourget di Paris, Perancis. Ia terpikirkan istilah mayday yang berasal dari m'aider yang artinya "tolong aku" dalam bahasa perancis.

Berselang 4 tahun tepat tahun 1927, istilah mayday ditetapkan sebagai kata darurat resmi oleh International Radiotelegraph Convention of Washington, Amerika Serikat. Dalam pengucapannya pun harus berbeda yaitu diucapkan sebanyak tiga kali berturut-turut, agar lebih spesifik berbeda dengan kata lainnya.

Kata mayday ini sangat penting di negara amerika serikat, barang siapa yang menyalahgunakan kata ini secara sengaja atau tidak bisa dituntut enam tahun penjara serta denda sebesar sekitar 250.000 USD WOW...



Share Artikel

0 Response to "Ternyata Begini Asal-Usul Terciptanya Kata Sakral 'MAYDAY'"

Posting Komentar