5 Aksi Demo yang Nyeleneh dan Tidak Biasa

WowKerenViral ~ Demonstrasi atau unjuk rasa biasanya terjadi karena ada kebijakan pemerintah atau pemegang kekuasaan yang dirasa tidak cocok dan mengganggu kepentingan masyarakat umum. Sejak dulu sudah sering terjadi demo yang dipercaya masih efektif untuk menuntut keadilan. Demo dilakukan dengan bergerombol, berkoar-koar dan membawa spanduk yang bertuliskan pesan tuntutan.



Cara demo seperti diatas memang cara umum selayaknya orang berdemo, tetapi ternyata ada demonstrasi yang tidak biasa yang dilakukan oleh orang-orang di negara lain. Berikut demonstrasi yang aneh dan tidak biasa.

1. Menggantungkan tubuh di kail ikan hiu



Demo memprotes penangkapan hiu besar-besaran atau shark finning terjadi di Inggris tahun 2011, seorang seniman Alice Newstead melakukan aksinya dengan berperan sebagai hiu yang jadi korban perburuan. Ia mencat tubuhnya dengan warna abu-abu, memakai kostum ikan, lalu bergelantung pada kail yang dikaitkan pada kulit punggungnya, hiii. Newstead menggunakan kail yang sebelumnya dipakai untuk shark finning.

2. Aksi demo Organisasi Plane Stupid




Sekelompok orang yang mendirikan organisasi Plane Stupid berdemo dengan membarikade landasan pacu bandara Aberdeen Inggris. Akibatnya, sejumlah penerbangan terpaksa harus ditunda atau dibatalkan. Organisasi ini menentang perluasan lahan bandara yang dinilai banyak merugikan masyarakat.

3. Peternak sapi mengambil alih Kota Brussels, Belgia






Demonstran yang tergabung dalam European Milk Board melakukan demo di kota Brussels, Belgia tahun 2009. Mereka memprotes turunnya harga daging dan susu, demo ini didominasi oleh para peternak. Uniknya mereka mengendarai truk dan traktor menuju kota, membawa sapi-sapi ternak untuk ikut berdemo menuntut keadilan. Mereka memblokir jalan menuju kantor Uni Eropa, sekitar 2500 orang pendemo.

4. Demonstrasi aktivis People for the Ethical Treatment of Animals (PETA)




PETA berdemo untuk memerangi perlakuan semena-mena manusia pada hewan, demo terjdi di acara pameran fashion bulu hewan di Hong Kong Convention Centre tahun 2010. Sejumlah aktivis mengurung diri sendiri di dalam kandang kecil seraya memakai pakaian bulu hewan (bukan bulu asli).

5. Mendesain kalender dengan pose telanjang




Jalan berlubang menjadi hal biasa di Indonesia, walau sebenarnya menggangu dan bisa membahayakan karena genangan air tetapi masyarakat +62 merasa hal yang biasa. Lain cerita dengan penduduk Leaders, Saskatchewan, di Kanada punya pendapat berbeda. Mereka gerah dengan lubang-lubang mengerikan yang menghiasi jalan raya di sekitar kawasan tempat tinggal mereka.

Masyarakat setempat berinisiatif mendesain kalender tahun 2007 yang nunjukkin beberapa pose orang telanjang di lubang jalan. Kalender itu terjual 3000 kopi dengan harga masing-masing $20 atau setara Rp270 ribu. Beredarnya kalender jalan berlubang itu akhirnya membuat pemerintah Saskatchewan bergerak memperbaiki jalan raya.

Nah itulah 5 demo yang nyeleneh dilansir dari selipan.

Share Artikel