5 Penyebab Serangan Jantung yang Tidak Pernah di Sangka-sangka

WowKerenViral ~ Kematian akibat serangan jantung banyak terjadi dan termasuk penyakit tertinggi yang menyebabkan kematian. Serangan jantung akibatnya sangat fatal jika tidak segera ditangani, serangan jantung terjadi akibat penyakit jantung koroner yang tidak tertangani, terjadinya penyempitan pembuluh jantung atau pembuluh jantung yang robek.


penyebab serangan jantung


Serangan jantung tidak mengenal usia, baik tua ataupun muda bisa terkena serangan jantung. Seperti berita terbaru, seorang aktor hebat dan terkenal suami dari BCL yaitu Ashraf Sinclair meninggal dunia karena serangan jantung. Selain karena beberapa faktor diatas, penyebab serangan jantung bisa dikarenakan beberapa faktor yang tidak kita sangka-sangka. Berikut beberapa penyebab serangan jantung karena faktor yang tidak sangka-sangka.

Penyebab serangan jantung yang tidak biasa


Penyebab serangan jantung tidak mesti karena terjadinya gangguan pada jantung tetapi ada beberapa hal yang tidak bisa diduga ternyata menjadi penyebab serangan jantung.

Psoriasis

Penyakit autoimun atau Psoriasis menyebabkan peradangan kulit seperti bercak merah pada kulit disertai sisik. Walau termasuk penyakit kulit, psoriasis ternyata bisa menjadi pemicu serangan jantung. Informasi penelitian peradangan akibat psoriasis bisa merusak arteri jantung dari dalam, sehingga  menyebabkan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke.

Menghirup polusi udara

Banyak penyakit yang bisa disebabkan oleh polusi udara termasuk penyakit jantung. Beberapa penelitian mengungkapkan orang yang terpapar polusi udara bisa memperburuk kadar gula darah, kolesterol, dan faktor risiko penyakit jantung. Penelitian lain, paparan polusi udara berlebih dapat menyebabkan kerusakan dan pembengkakan pembuluh darah.

Keseringan minum obat pereda nyeri NSAID

Keseringan minum obat pereda nyeri NSAID, untuk mengobati demam, peradangan, keseleo, sakit kepala, migrain, hingga dismenore (nyeri kram menstruasi) bisa memicu serangan jantung.

Journal of Infectious Diseases menerbitkan Sebuah penelitian, orang yang menggunakan obat NSAID untuk mengobati infeksi pernapasan memiliki peningkatan risiko serangan jantung hingga 3,4 kali lipat.

Kenapa obat ini menjadi penyebab serangan jantung masih belum informasi yang jelas, akan tetapi menurut ahli obat ini dapat meningkatkan risiko perdarahan yang dapat memungkinkan peningkatan penggumpalan darah berbahaya di arteri jantung yang rentan.

Bagi anda berusia diatas 50 tahun dan perokok aktif dan memiliki faktor risiko hipertensi, diabetes, kolesterol tinggi, hindari mengonsumsi obat NSAID.

Nyeri bahu

Ternyata seseorang yang memiliki nyeri bahu berisiko tinggi terkena penyakit jantung menurut penelitian. Seseorang yang punya faktor risiko penyakit jantung hampir enam kali memiliki kondisi bahu seperti rotator cuff tendonitis atau pembengkakan tendon pada otot tendon rotator cuff ke tulang lengan.

Suara keras

Berdasarkan penelitian sesorang yang sering terpapar suara keras memiliki risiko gangguan kesehatan lebih tinggi, seperti gagal jantung, irama jantung tidak teratur, hipertensi, kolesterol tinggi, dan kadar gula darah tinggi.

Bising membuat lonjakan hormon stres akhirnya meningkatkan tekanan drah bahakn saat sedang tidur. Hal ini bisa menyebakan kerusakan pembuluh darah yang berisiko terhadap serangan jantung.

Itulah 5 penyebab serangan jantung yang tidak disangka-sangka yang dilansir dari hellosehat. Pola hidup sehat dan berpikir jernih bisa membuat hidup sehat.












Share Artikel