Ini Penjelasannya, Kenapa Kurang Minum Air Putih Bisa Sakit Pinggang

WowKerenViral ~ Jangan sampai kekurangan air dalam tubuh atau dehidrasi, perbanyak minum air putih karena kurang minum air putih bisa menyebabkan rasa lelah, pusing, perubahan warna urin menjadi kuning dan juga kurang minum air putih bisa menyebabkan sakit pinggang.


sakit pinggang


Untuk point terakhir banyak bertanya-tanya apa hubungannya antara dehidrasi dan sakit pinggang, kok bisa sakit pada bagian pinggang?. Berikut penjelasannya kenapa orang yang dehidrasi atau kurang minum air putih bisa sakit pinggang?

Mengapa kurang minum bisa menyebabkan sakit pinggang?

Struktur tubuh manusia pada bagian tulang punggung banyak ruas-ruas tulang. Di setiap dua ruas tulang ada bantalan sendi yang menjaga posisi tulang belakang dari benturan antar tulang dan meredam guncangan yang bisa membahakan tulang belakang.

Nah bantalan ini berisikan bahan mirip gel dengan kandungan air yang tinggi. Bantalan bisa sewaktu-waktu menipis karena kehilangan kandungan air, tetapi hal ini bisa diatasi karena tubuh memiliki cadangan air untuk mengatasinya.

Jika kondisi tubuh memiliki kandungan air yang cukup tidak jadi masalah, hal ini menjadi masalah jika tubuh mengalami dehidrasi atau tidak memiliki cukup air. Akan menyebabkan sulit memulihkan kelenturan bantalan tulang belakang yang sudah menipis karena kekurangan air.

Bantalan tulang yang sudah menipis tidak kuat meredam guncangan. Akhirnya ruas tulang diatas bantalan tersebut menjepit saraf dibawahnya. Tekanan pada syaraf inilah yang menyebabkan sakit pinggang.

Sakit pinggang juga bisa disebabkan bekerja terlalu keras. Bekerja terlalu keras mmebuat otot bekerja lebih keras dan suhunya meningkat. Disaat mengalami dehidrasi, otot tidak bisa mengembalikan suhu ke kondisi normal.

Disamping itu kurang air juga menganggu keseimbangan ion natrium yang penting bagi otot. Gangguan ion bisa mmebuat otot cepat lelah, kram, dan sakit pinggang.

Nah itulah penjelasan kenapa kurang minum air bisa menyebabkan sakit pinggang dilansir dari hellosehat. Jaga kesehatan dengan perbanyak minum air putih.


Share Artikel