Jangan Cabut Rambut Uban, Ini alasan Ilmiahnya

WowKerenViral ~ Setiap orang yang telah lanjut usia pastinya akan muncul uban atau rambut putih, bahkan banyak orang muda saat ini juga memiliki uban karena faktor genetis atau karena makanan yang dikonsumsi. Uban atau rambut putih terjadi karena berkurangnya kandungan melanin dalam rambut.

rambut uban


Banyak orang yang merasa risih jika rambutnya beruban, ada yang menggunakan pewarna rambut agar tidak terlihat dan juga ada yang mencabut uban atau rambut putih tersebut. Untuk cara yang kedua ini ternyata berbahaya menurut ahli. Mencabut uban tidak diperbolehkan oleh para ahli.

Berdasarkan penelitian dari Ismael Galvan dari Museo Nacional de Ciensias Naturales, Spanyol, ternyata orang yang memiliki uban adalah orang yang sehat karena kadar melanin berkurang. Galvan juga menjelaskan bahwa mencabut uban adalah tindakan yang keliru. Hal ini dikarenakan bisa merusak kondisi folikel, akar rambut dan saraf-saraf kepala.

Kerusakan folikel juga berdampak pada kesehatan selaput kepala. Dermatologi, dr. Farmania Santoso juga mengatakan rambut kepala tumbuh di bawah kulit kepala yang banyak terdapat saraf di dalamnya. Termasuk rambut putih yang tumbuh karena berbagai faktor seperti keturunan, gaya hidup dan stres.

Sehingga jika dicabut akan menggangu saraf, sinyal saraf untuk memproduksi warna rambut terganggu dan juga pertumbuhan rambut terganggu.

Nah itulah kenapa tidak disarankan untuk mencabut uban karena beberapa faktor diatas, dilansir dari wartainfo.



0 Response to "Jangan Cabut Rambut Uban, Ini alasan Ilmiahnya"

Posting Komentar