Ternyata Salam Bungkuk Korea Memiliki Arti Berbeda Setiap Kemiringan Badan, Ini Penjelasannya

WowKerenViral ~ Di Indonesia menyapa sesorang bisa dengan bersalaman atau kalau di islam dengan Assalamualaikum, menandakan saling menghormati dan menghargai bahkan di Islam Assalamualaikum adalah doa yang berarti "semoga Allah Melimpahkan keselamatan, Rahmat dan Keberkahan untukmu". Berbeda negara, agama dan budaya membuat berbeda tradisi salam kepada seseorang. Seperti yang kita tahu di film-film drama korea atau film jepang mereka memberi salam bungkuk.


salam bungkuk korea


Di negara korea membungkukkan badan berarti mengucapkan salam dan selamat tinggal. Jadi setiap hari mereka harus membungkukkan badan untuk mengucapkan salam. Membungkukkan badan merupakan bagian dari etika pergaulan di Korea. Semakin dalam membungkukkan badan semakin lama berarti menunjukkan penghormatan yang besar atau rasa penyesalan yang mendalam.

Ternyata salam bungkuk korea dengan membungkuk tidak sembarangan, memiliki arti yang berbeda setiap derajat kemiringan badan, jadi kesalahan membungkuk bisa berakibat fatal. Membungkuk sedikit dan hanya sebentar menunjukkan sikap seseorang yang menjadi sasaran kemarahan atasan. Membungkuk bahu dan langsung pergi menunjukkan isyarat seperti anak kecil yang baru dimarahi. Sedangkan membungkuk berkali-kali sampai ke pinggang permohonan maaf terjadi dalam keadaan ekstrim.


salam bungkuk korea


Salam bungkuk di Korea terbagi 3 jenis: informal, formal, dan sangat formal. Semuanya dibedakan dengan sudut kemiringan badan saat membungkuk. Informal sekitar 15 derajat, formal sekitar 30 derajat, dan sangat formal hingga 90 derajat atau lebih bahkan dahi menyentuh tanah. Pria biasanya membungkuk sambil menekan tubuh ke belakang untuk menjaga keseimbangan, sedangkan wanita biasanya membungkuk dengan menaruh kedua tangan di depan badan.

Nah itulah cara salam bungkuk ala korea yang memiliki banyak arti dari setiap kemiringan badannya, dilansir dari salamkorea.

Share Artikel