13 Mitos dan Fakta Seputar Virus Covid-19 yang Perlu di Ketahui

WowKerenViral ~ Semakin banyak negara yang terdampak wabah virus covid-19 atau corona. Jumlah yang terserang sangat tinggi, angka kematian di seluruh dunia juga tinggi. Maka dari itu selalu ikuti anjuran dari pihak terkait agar terhindar dari penyakit ini.



Beberapa anjuran yang ditetapkan yaitu social distancing, phisical distancing, berdiam diri di rumah untuk memutus penyebaran virus covid-19 ini. Namun banyak juga beredar informasi seputar virus ini yang ternyata tidak benar alias mitos yang cukup membuat bingung.

WHO sebagai organisasi kesehatan dunia mengeluarkan 13 mitos dan fakta seputar virus corona dilansir dari naviri, berikut 13 mitos virus corona yang perlu di ketahui.

Pengering tangan mampu membunuh virus covid-19

Ternyata Tidak Benar. Pengering tangan tidak bisa membunuh virus covid-19, untuk melindungi tangan dari virus tersebut hanya dengan mencuci tangan memakai sabun atau alkohol. Kemudian keringkan dengan tisu jangn dengan handuk, apalagi handuk yang dipakai bersama.

Lampu Ultraviolet mampu membunuh virus covid-19

Ternyata Tidak Benar. Lampu ultraviolet tidak bisa mensterilkan tangan atau bagian tubuh yang lain. Sinar ini bahkan bisa membuat kulit iritasi.

Semprot disinfektan ke tubuh mampu membunuh virus covid-19

Ternyata Tidak Benar. Cairan alkohol dan klorin atau disinfektan yang di semprotkan ke tubuh tidak bisa membunuh virus covid-19. Apalagi jika sudah masuk ke tubuh. Cairan ini malah bisa berbahaya bagi mata, mulut, luka di tubuh.

Aman menerima barang atau surat yang berasal dari daerah wabah virus covid-19

Ternyata Benar. Berdasarkan analisis WHO, virus ini tidak bertahan alam di permukaan surat maupun kemasan barang.

Hewan peliharaan bisa menyebarkan virus covid-19

Belum Pasti. Sampai saat ini belum ada bukti hewan peliharaan seperti anjing dan kucing bisa menyebarkan virus ini. Akan tetapi tetap dianjurkan untuk mencuci tangan setelah kontak dengan hewan tersebut agar terhindar dari bakteri lain seerti E. coli dan Salmonella.

Vaksin pneumonia mampu melindungi dari virus covid-19

Ternyata Tidak Benar. Vaksin ini tidak bisa melawan virus corona, vaksin ini khusus untuk pneumonia. Berbeda dengan virus yang dihalau. Namun WHO menganjurkan vaksin yang bisa melawan masalah pernapasan.

Membersihkan dengan Saline bisa melawan infeksi

Ternyata Tidak Benar. Hidung yang dibersihkan dengan saline tidak akan melindungi dari virus corona. Namun ada bukti saline bisa mempercepat proses penyembuhan dari penyakit flu biasa.

Makan bawang putih bisa menangkal virus covid-19

Belum pasti. Belum ada bukti bawang putih bisa menangkal virus covid-19 ini, namun bawang putih adalah makanan sehat yang memiliki sifat antimikroba.

Minyak wijen bisa menangkal virus corona

Ternyata Tidak Benar. Minyak wijen tidak mampu menangkal virus corona.

Virus Covid-19 menyerang orang yang sudah tua

Ternyata Tidak Benar. Semua orang bisa terinfeksi virus corona, tua maupun muda bahkan anak-anak bisa terkena penyakit ini. Orang yang punya penyakit bawaan seperti asma, diabetes atau jantung sangat rentan. WHO menganjurkan agar mengikuti pola hidup sehat.

Antibiotik bisa mengbati dan melawan virus corona

Ternyata Tidak Benar. Antibiotik hanya khusus penyakit yang disebabkan bakteri. Akan tetapi ada pasien yang diberi antibiotik untuk mengurangi infeksi bakteri.

Ada pengobatan khusus untuk penderita covid-19

Belum ada pengobatan secara khusus bagi penderita covid-19. Bagi mereka yang terkena harus dirawat intesif dalam pengawasan ketat.

Thermal Scanner mampu mendeteksi virus covid-19

Ternyata Tidak Benar. Fungsi alat ini hanya untuk mendektesi suhu tubuh seseorang, apakah dia demam atau tidak. Tidak bisa langsung disimpulkan orang tersebut demam dikarenakan virus covid-19.

Nah itulah 13 mitos dan fakta seputar virus covid-19 yang dikeluarkan oelh WHO. Ikuti anjuran, putus rantai penyebaran virus covid-19.

Share Artikel