Herbal Alami Untuk Meredakan Stres

WowKerenViral ~ Stres bisa jadi pemicu penyakit dalam tubuh maka dari itu sebisa mungkin kita harus mencegah stres. Tingkat stres yang besar atau kecil tetap sulit untuk meredakannya, Susan Blum MD, MPH, spesialis penyakit kronis dan asisten profesor klinis di Departemen Kedokteran Pencegahan di Sekolah Kedokteran Icahn, Mount Sinai, New York menyarankan beberapa suplemen herbal yang bisa meredakan stres.


meredakan stres


Herbal yang mengandung adaptogen bisa memberikan perbedaan yang signifikan dikehidupan sehari-hari. Adaptogen merupakan herbal yang bisa menopang tubuh saat merespon stres dengan memperkuat kelenjar adrenal (kelenjar endoktrin diatas ginjal yang menghasilkan hormon). Akan tetapi tidak semua herbal bisa menjadi penopang tubuh untuk meredakan stres.

Alangkah baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter terkait jika ingin mencoba suplemen herbal sebagai alternatif meredakan stres. Sehingga tidak asal yang bisa mengakibatkan efek samping bagi tubuh. Berikut beberapa herbal yang bisa meredakan stres dilansir readersdigest canada.

Panax Gingseng

Panax Gingseng atau gingseng korea merupakan adaptogen menurut Lindsey Toth, ahli diet terdaftar di Chicago, dan ahli suplemen untuk Produk Kesehatan Swanson. "Ramuan panax gingseng membantu menghilangkan stres dengan meningkatkan suasana hati dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh", ujar Lindsey Toth.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan Journal of Ginseng Research, gingseng mengatur respon imun serta perubahan hormon karena stres. Selain itu mengurangi peradangan, mengurangi kecemasan dan depresi karena stres.

Ashwagandha

Ashwagandha merupakan herbal adaptogen juga yang telah lama digunakan di Masyarakat India. Selama ribuan tahun herbal ini digunakan untuk meredakan stres. Lily Kiswani, MD, seorang dokter fungsional di Mumbai memaparkan bahwa herbal ini berfungsi menurunkan hormon stres meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu juga berpengaruh terhadap mental, mengurangi depresi dan kecemasan.

Berdasarkan penelitian terjadinya penurunan skala penilaian stres dan menurunnya kadar kortisol(hormon stres) dalam darah orang yang mengkonsumsi 600 mg esktrak akar Ashwagandha spektrum.

Daun Banaba 

Daun ini banyak tumbuh di daerah tropis Asia Tenggara mulai dari Filipina, Thailand, Indonesia dan Jepang. Daun ini dari sejenis pohon yang menghasilkan bunga berwarna merah muda keungguan atau putih. Daun ini mampu memperlambat produksi kortisol tubuh, hormon stres yang mengakibatkan kecemasan.

Mikka Knapp, ahli diet terdaftar di Sarasota, Florida, dan pendiri Bright Body Nutrition mengatakan "Bahan aktif dalam daun banaba adalah asam corosolic, yang memperlambat tubuh dari mengubah kortisol tidak aktif menjadi kortisol aktif".

Disamping meredakan stres, daun banaba juga bisa menurunkan tekanan darah serta gula darah, maka dari itu daun ini tidak boleh di konsumsi dengan obat-obatan.

Share Artikel