Bahaya Tidur Dekat Handphone

WowKerenViral ~ Dijaman teknologi telekomunikasi saat ini orang-orang sangat membutuhkan handphone atau ponsel untuk berkomunikasi. Bahkan manusia dengan handphone seolah-olah sudah tidak bisa terpisahkan, kemana saja perangkat ini selalu dibawa bahkan saat tidurpun juga dibawa diletakkan disamping.


bahaya tidur dengan handphone


Tapi tahukah kalian bahwa tidur berdekatan dengan perangkat seluler atau handphone bisa berbahaya. Berbahaya bagi tubuh terutama otak manusia. Berikut alasan kenapa tidur berdekatan dengan handphone bisa berbahaya.

1. Pikiran Memikirkan Handphone

Handphone diciptakan untuk mempermudah hidup kita dan juga agar lebih produktif lagi serta bisa digunakan untuk menghibur diri dengan banyaknya hiburan dan informasi.

Namun benda tersebut tidak kita gunakan saat tidur dan jika handphone tersebut diletakkan disebelah maka pikiran kita akan tertuju pada handphone tersebut. Mau tidur eh bentar liat medsos sebentar dan banyak lagi alasan untuk terus membuka handohone.

2. Sinar biru layar menurunkan level melatonin

Handphone memiliki sinar biru yang dipancarkan dari layar, sinar biru ini berakibat buruk bagi penglihatan dan juga otak.

Berdasarkan penelitian ditemukan adanya korelasi antara penurunan level melanin dan paparan sinar biru. Melatonin merupakan hormon untuk mengontrol siklus bangun dan tidur seseorang.

Tubuh yang kekurangan melatonin beresiko mengalami insomnia, kelelahan sepanjang hari.

3. Penundaan fase REM

Semua pengguna handphone pastinya pernah menjelajah social media, dimana saat menjelajah muncul berbagai perasaan. Perasaan kesal melihat sesuatu yang tidak diinginkan, perasaan bahagia karena unggahan seseorang.

Berbagai perasaan yang dirasakan saat menggunakan social media ini bisa membuat penasaran dan tidur semakin larut.

Kondisi ini mengakibatkan penundaan fase rapid eye movement (REM) atau tahap di mana otak maksimal dalam mengolah data dan ingatan.

Nah itulah alasan sebaiknya kita jangan tidur dekat handphone karena bisa menimbulkan efek negatif bagi tubuh kita.

Share Artikel