Fakta Menarik Seragam Sekolah Jepang (Seifuku)

WowKerenViral ~ Ternyata jepang tidak terkenal hanya karena teknologinya, kebudayaannya dan tentunya animenya yang sudah terkenal di seluruh dunia. Namun ada satu lagi yang membuat mereka terlihat menarik selain dari kecantikan wanitanya, yaitu seragam sekolah jepang.

seragam sekolah jepang


Ya, seragam sekolah jepang memang terlihat unik, apalagi yang digunakan para wanitanya. Mereka akan terlihat semakin cantik dan sexy. Seragam ala pelaut ini bahkan banyak digunakan para cosplayer saat datang ke berbagai event Jepang!.

Kira-kira siapa yang menjadi inspirasi seragam sekolah jepang ini, dan bagaimana awal mulanya. Yuk kita ulik fakta menarik di balik seragam sekolah Jepang ini!

Sejarah

Seragam sekolah jepang untuk yang wanita terinspirasi dari seragam angkatan laut Eropa (seragam pelaut). Sedangkan untuk yang pria terinspirasi dari tentara Jepang. Jepang membuat seragam seperti agar para siswa/siswi tetap terlihat layaknya siswa sekolah namun juga terlihat trendi agar mereka tidak malu untuk menggunakannya. Meskipun ada beberap model tapi dasarnya tetap sama pakaian ala pelaut.

Seragam sekolah jepang (sailor-fuku/seifuku) ini dibuat pertama kali tahun 1921 oleh  Elizabeth Lee, kepala sekolah putri Fukuoka Women’s College. Ia terinspirasi angkatan laut inggris ketika mengikuti pertukaran siswa di Inggris. Dulunya seragam sekolah masih menggunakan kimono yang membuat gerah dan susah bergerak.

Kemudian ia berpikir kalau ‘seifuku’ sangat cocok karena lebih mudah digunakan dan siswi-siswi lebih nyaman. Akhirnya seragam inilah yang menjadi seragam resmi di seluruh Jepang.

Desain

Orang jepang sangat mementingkan identitas diri, para siswa rela mengeluarkan uang untuk mendesain seragamnya agar bisa mengekspresikan diri mereka di hadapan orang lain. Jadi jika musim berganti mereka akan mendesain seragam mereka agar tetap nyaman digunakan tapi tetap atraktif.

Biasanya siswa-siswi sekolah jepang akan memakai kemeja putih dengan sweater, pita besar, dasi untuk aksesori, rok serta kaus kaki atau stocking panjang terbuat dari sutra untuk perempuan (celana untuk anak laki-laki) dan blazer pada musim gugur dan musim dingin. Sedangkan musim semi dan musim panas blazer tidak akan digunakan.

Dan ternyata harganya tidak murah, tergantung desain dan bahan yang digunakan. Harga seragam sekolah Jepang sesuai keinginan bisa menghabiskan 8.000 hingga 20.000 yen!.



Kultur Kawaii

Melansir japanesestation, selain seragam sekolah jepang yang harus terlihat trendi, tas sekolahnya juga demikian. Tas sekolah jepang menggunakan desain yang sporty dengan warna gelap, seperti biru navy, coklat gelap, dan hitam yang sesuai dengan seragam mereka.

Akan tetapi gadis-gadis Jepang ingin terlihat “kawaii” (imut dalam bahasa Jepang). Mereka kebih memilih warana-warna terang seperti pink atau biru muda. Kemudian ditambah dengan berbagai pin dan gantungan-gantungan imut.

Jika ingin terlihat mewah mereka menggunakan "randoseru" (ランドセル) alias backpack yang harganya bisa mencapai 100.000 yen.

karena semakin populer, seragam sekolah jepang ini banyak digunakan orang di luar jepang untuk keperluan cosplay. Terkenalnya seragam sekolah ini karena peran manga dan drama-drama jepang yang semakin mendunia.

Nah itulah fakta-fakta menarik seragam sekolah jepang yang sangat berbeda dengan seragam sekolah indonesia.



Share Artikel