5 Masjid Unik di Indonesia

WowKerenViral ~ Sebagai negara pemeluk Islam terbesar di Dunia pastinya banyak Masjid disetiap daerah. Banyak masjid di Indonesia yang termasuk masjid agung atau masjid yang terbesar daerah tersebut. Bahkan masjid Istiqlal merupakan masjid terbesar di Indonesia.



Dari sekian banyak masjid yang ada di Indonesia ada beberapa masjid yang tergolong unik. Bentuk masjid ini terlihat dari masjid biasanya. Berikut 5 masjid unik di Indonesia.

1. Masjid Perahu di Jakarta

masjid unik


Nama asli masjid ini Masjid Al Munada Darussalam namun lebih dikenal dengan sebutan masjid perahu. Hal itu dikarenakan pada bagian samping masjid ini ada sebuah bangunan beton yang berbentuk seperti perahu. Bangunan ini digunakan sebagai tempat wudhu.

2. Masjid Menara di Kudus

masjid unik


Masjid Bersejarah ini dibangun oleh Sunan Kudus berlokasi di Desa Kauman. Terdapat menara di samping masjid unik ini, menara yang menyerupai candi-candi Hindu. Dahulu didaerah ini banyak yang memeluk agama hindu dan budha .

3. Masjib An-Nurumi di Jogja

masjid unik


Masjid unik ini bernama masjid An-Nurumi di Sleman, Jogja. Termasuk unik karena desain desain bangunannya identik dengan arsitektur khas Rusia. Tampian kubah yang penuh dengan warna sehingga menarik perhatian banyak orang dan sebut masjid kremlin.

4. Masjid Bawah Tanah di Jogja



Satu lagi masjid unik dari daerah Jogja di kawasan Taman Sari. Masjid taman sari ini dibangun sejak tahun 1756. Konon dulunya dipakai untuk ruangan sauna para raja.

5. Masjid Cheng Ho di Surabaya



Masjid unik dari surabaya ini memiliki arsitektur bernuansa Tiongkok. Saking uniknya masjid ini tercatat dalam Museum Rekor Indonesia. Kalau dilihat dari luar masjid ini tampak seperti klenteng tempat ibadah kaum Konghucu.

Nah itulah 5 diantaranya masjid unik yang ada di Indonesia. Tentunya masih banyak lagi masjid-masjid yang unik dari segi desain bangunannya.

Share Artikel