6 Teknologi Canggih di Film yang Jadi Kenyataaan

WowKerenViral ~ Banyak film-film sains fiksi yang beredar dari tahun ke tahun. Bahkan dari tahun 60-an sudah ada film yang bertema sains fiksi ini. Film dengan genre ini banyak menampilkan kecanggihan alat atau benda yang bahkan pada tahun itu dianggap mustahil ada.

teknologi canggih


Benda-benda canggih seperti mobil terbang, alat telekomunikasi canggih, senjata yang canggih dan masih banyak lagi. Namun seiring berjalannya waktu, alat canggih yang dulunya hanya ada di film sains fiksi ini mulai tersedia dalam dunia nyata. Seolah-olah film tersebut sebagai peramal yang meramalkan teknologi di masa depan.

Nah berikut ini beberapa teknologi dari film Hollywood jadi kenyataan.

1. Komputer tablet di 2001: A Space Odyssey (1968)


teknologi canggih


Sebelum menjadi nyata dan digunakan banyak orang sekarang ini, tablet sudah terlebih dahulu muncul di film A Space Odyssey tahun 1968. Film ini menceritakan kehidupan masa depan di luar angkasa yang banyak menampilkan benda-benda canggih salah satuya komputer tablet.

Pada saat itu teknologi ini hanya jadi angan-angan belaka. Namun akhirnya benda tersebut menjadi nyata setelah tahun 2000 silam Bill Gates memperkenalkan Microsoft Tablet PC untuk pertama kalinya.

2. Papan reklame digital di Blade Runner (1982)

teknologi canggih


Film Blade Runner menggambarkan gemerlapnya Los Angeles di tahun 2019. Film yang dirilis tahun 1982 ini menampilkan papan reklame digital. Pada saat itu dianggap mustahil karena pada tahun itu media promosi hanya menggunakan poster dan selebaran. Namun sekarang di kota-kota besar banyak papan reklame digital yang terpampang dijalan-jalan.



3. Hiburan online di The Cable Guy (1996)


teknologi canggih


Dalam film The Cable Guy yang diperankan Jim Carrey, Chip Douglas (Jim Carrey) sempat mengatakan “Sebentar lagi, setiap rumah di Amerika akan mempunyai benda yang mampu mengintegrasikan televisi, telepon dan komputer!”.

Diadegan lain Chip Douglas memprediksi akan kehadiran teknologi yang bisa digunakan untuk video streaming, online gaming, dan online shopping.

Dan semua prediksi itu terwujud dengan munculnya smartphone di pertengahan tahun 2000-an. Semua orang sekarang ini menggunakan smartphone sebagai media komunikasi dan tentunya hiburan dan belanja. Saat itu terdengar mustahil tapi akhirnya terwujud.

4. Hologram di Star Wars (1977)


star wars


Akhirnya konsep fiktif George Lucas tentang hologram menjadi kenyataan. Hologram saat ini sudah ada dan lebih canggih, mampu menampilkan image 3 dimensi. Penggunaanya saat ini bervariasi, bisa digunakan untuk kampanye politik, konser musik.

5. Papan terbang di Back to the Future Part II (1989)


teknologi canggih


Selain teknologi time travel yang terkenal dan mencengangkan, ada satu lagi teknologi  di film Back to the Future Part II (1989) yang bikin penasaran, yaitu hoverboard alias papan yang mirip skateboard tanpa roda dan bisa melayang.

Teknologi ini tahun 2015 sudah ditemukan perusahaan lexus. Skateboard terbang ini menggunakan magnet berdaya tinggi untuk menghasilkan efek melayang yang sama seperti hoverboard. Namun teknologi masih sangat mahal.

6. Drone militer di Terminator (1984)


terminator


Film terminator menampilkan robot-robot super canggih yang ditugaskan membunuh manusia. Selain robot berbentuk manusia yang kuat dan jahat. Ada satu robot berjenis drone sebagai senjata.

Disaat ini sudah banyak drone yang bisa didapatkan dengan mudah namun fungsinya hanya sebagai alat bantu foto.

Melansir selpan, untuk drone militer juga sudah ada yaitu ATLAS, drone yang dikembangkan oleh badan militer Amerika Serikat. Fungsinya sama seperti drone di film terminator sebagai senjata, cukup mengerikan jika alat tersebut jatuh ketangan orang jahat.

Nah itulah 6 teknologi canggih di Film yang menjadi kenyataan.

Share Artikel