8 Budaya Asli Indonesia yang diklaim Negara Tetangga

WowKerenViral ~ Indonesia memiliki banyak budaya yang patut untuk dijaga dan dilestarikan. Dengan keberagaman suku maka banyak budaya-budaya di setiap daerah yang harus terus dijaga. Ada budaya yang sudah dikenal dunia dan ada juga yang masih belum terekspose. Budaya negeri ini harus dijaga kalau tidak bisa hilang atau bisa juga diklaim negara lain yang ngaku-ngaku bahwa itu adalah budaya mereka.



Indonesia yang berbatasan dengan negara-negara yang sedikit banyak ada kemiripan dari segi bahasa dan juga budaya menjadi rawan terhadap 'pencurian' budaya. Saking bagusnya budaya asli Indonesia ini hingga mereka ingin memiliki, ingin menetapkan bahwa itu adalah budaya mereka.

Dari sekian banyak budaya Indonesia, berikut 8 budaya asli indonesia yang sempat diklaim oleh negara lain sebagai budaya mereka. Budaya apa saja itu, ini ulasannya.

1. Wayang Kulit

budaya asli indonesia


Siapa yang gak kenal wayang kulit?, orang-orang di daerah lain selain pulau jawa pastinya tahu bahwa itu budaya yang berasal dari jawa, Indonesia. Namun begitu, Malaysia sempat mengklaim bahwa budaya Wayang Kulit adalah budaya mereka. Hal ini dikarenakan banyaknya warga Indonesia yang merantau kesana dan bahkan menetap kemudian buat pertunjukkan wayang kulit disana.

Alhamdulillah, pada tanggal 27 November 2003 UNESCO mengakui Wayang Kulit sebagai Warisan budaya asli Indonesia.

2. Lagu Rasa Sayange

budaya asli indonesia


Lagu daerah di Idonesia ini juga pernah diklaim oleh pemerintah Malaysia bahwa ini adalah lagu daerah mereka. Bahkan lagu ini sempat digunakan dalam iklan pariwisata mereka. Untung saja kericuhan tersebut disudahi oleh Menteri Kebudayaan, Kesenian dan Warisan Budaya Malaysia Rais Yatim yang mengakui lagu rasa sayange milik Indonesia.

3. Batik



Tak terkecuali Batik juga jadi ajang pengklaiman warisan budaya oleh Malaysia. Agar tidak berkepanjangan pemerintah Indonesia langsung mendaftarkan Batik ke UNESCO untuk mendapatkan pengakuan. Didaftarkan 3 september 2008 baru mendapat pengakuan UNESCO pada 2 Oktober 2009.

4. Reog Ponorogo



Sungguh lucu jika negara lain mengklaim ini adalah budaya mereka, dari namanya saja sudah jelas bahwa ini budaya asli daerah ponorogo, Indonesia. Walau begitu tetap saja ada yang mengklaim namun kemudian segera membantah hal tersebut.

5. Rendang



Makanan yang pernah diakui sebagai makanan paling enak didunia versi CNN ini tak luput dari pengakuan negara tetangga. Rendang pernah diklaim miliki Malaysia, mungkin karena banyak orang Sumatera Barat yang tinggal di sana.

6. Angklung



Alat musik tradisional juga pernah diklaim negara tetangga. Namun akhirnya kisruh tentang klaim ini berakhir setelah angklung terdaftar sebagai karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO tahun 2010.

7. Tari Pendet dan Tari Piring



Bahkan tari tradisional bali dan Sumatera Barat ini juga pernah diklaim oleh negara lain sebagai budaya mereka. Padahal sudah jelas-jelas tari ini berasal dari Indonesia.

8. Kuda Lumping



Tari kuda lumping yang terkenal pun tidak luput dari pengklaiman pihak lain. 

Banyak budaya-budaya Indonesia yang mau di 'curi'. Sebagai warga negara kita harus terus melestarikan budaya kita agar lestari sepanjang masa. Wartainfo.

Share Artikel