'Flight attendats', Ternyata Ini Arti 10 Kata Sandi Penerbangan Komersial

WowKerenViral ~ Bagi anda yang pernah berpergian dengan pesawat pastinya pernah mendengar beberapa kalimat yang diutarakan pilot sebelum lepas landas atau saat akan mendarat. Kalimat ini memang menggunakan bahasa inggris akan tetapi punya arti dan maksud yang tersembunyi. Sepertinya merupakan kata sandi penerbangan yang ditujukan untuk para pramugara dan pramugari.

kata sandi penerbangan


Bagi para penumpang yang awam tentu saja tidak mengerti maksud dari kata sandi penerbangan atau jargon industri penerbangan tersebut.

Seorang penulis buku Cockpit Confidential Patrick Smith, di situs pribadinya Ask The Pilot,  'membocorkan' kata sandi penerbangan yang biasa digunakan awak penerbangan.

Dikutip dari The Daily Mail, menurut Smith "Ada sejumlah orang yang beberapa kali bepergian menggunakan pesawat dan masih awam terhadap kata-kata yang digunakan pada penerbangan".

Berikut ini arti 10 kata sandi penerbangan yang sering digunakan awak penerbangan maskapai pesawat komersial :

1. Doors To Arrival

Instruksi yang bersifat kritis ditujukan kepada pramugara atau pramugari untuk bersiap-siap karena pesawat akan segera mendarat

"Tujuan kata sandi ini agar para awak kabin segera menonaktifkan sistem perosotan darurat yang menempel di pintu. Untuk mencegahnya mengembang di gate," kata Smith. "Jika hal itu tak dilakukan, maka perosotan darurat secara otomatis akan mengembang saat pintu dibuka."

2. Crosscheck

'flight attendats, doors to arrival and crosscheck' kata ini sering kita dengar saat di pesawat.

crosscheck merupakan kata sandi penerbangan berarti harus memeriksa tugas rekan lainnya. Para pramugara atau pramugari saling memeriksa apakah tugas telah dilaksanakan.

3. All-Call

Merupakan instruksi untuk pramugara atau pramugari.

"Itu adalah permintaan agar masing-masing awak kabin melaporkan lewat interkom dari posnya pasing-masing," kata Smith.



4. Flight Deck

Sinonim dari kokpit atau kabin tempat pilot dan kopilot berada.

5. Final Approach

Final approach berarti pesawat mendekat ke landasan pacu untuk mendarat posisi sejajar dengan garis tengah landas pacu.

6. Direct Flight

Direct Flight berbeda dengan 'non-stop' flight yang berarti penerbangan langsung tanpa henti sampai tujuan akhir.

Direct Flight bermakna, penerbangan dengan rute yang tidak berubah, "namun terbuka kemungkinan pesawat akan berhenti untuk melakukan transit penumpang," kata Smith.

7. Air Pocket

Istilah pilot untuk turbulensi singkat.

8. Deadhead

Kata Sandi penerbangan ini bermakna pertukaran posisi antar kru yang bertugas. Misal, pertukaran posisi pramugara dan pramugari yang sedang bertugas dengan sesama awak kabin yang lain. Atau, pilot yang bertukar pos tugas dengan kopilot.

9. Ramp

Istilah ramp menggambarkan situasi ketika pesawat yang sudah landas sedang melakukan manuver mendekat ke terminal atau wilayah lain dekat dengan bandara.

10. Tarmac

Kata Tarmac ditemukan oleh pria asal Derbyshire, Inggris tahun 1830-an dan diadopsi oleh komunitas pilot pesawat komersial.

'Tarmac' merupakan singkatan untuk 'Tar-grouted macadam', metode pendaratan untuk merasakan kondisi halus-tidaknya permukaan aspal pada landasan.

Nah itulah arti 10 kata sandi penerbangan yang sering digunakan dalam pesawat komersial.

Share Artikel